Banner sumsel

Elpiji 3 Kg Langka, Warga Lahat Keluhkan Harga yang Tinggi dan Tidak Merata

LAHAT, koranindonesia.id – Warga di Kota Lahat dalam sebulan terakhir mengeluhkan kelangkaan gas elpiji 3 kilogram (Kg).

Beberapa pengecer mengaku ketersedian gas elpiji yang biasa disebut gas melon ini kosong. Disisi lain, warga juga mengeluhkan harga yang cukup tinggi dan tidak merata.

“Hari ini saya sudah keliling mencari elpiji 3 Kg, baik ke warung langganan maupun pengecer lain di Kota Lahat.  Namun semua mengaku elpiji habis,” keluh Albert Agus Topan, warga Kota Lahat, Kamis (8/11/2018).

Topan sendiri heran dengan kondisi elpiji kosong tersebut. Menurutnya, akibat kekosongan tersebut jelas menghambat aktivitas warga.

Karenanya, ia pun berharap, pihak Pertamina segera menindaklanjuti keluhan warga dan dapat menjelaskan kenapa gas melon ini sulit diperoleh.

Sementara itu, Heru (27) warga Desa Manggul, Kecamatan Kota Manggul, Lahat mengakui, selain minim, harga gas melon ini di Kota Lahat cukup mencekik.  Satu tabung elpiji 3 Kg dibelinya seharga Rp30.000.

“Informasi yang kita dapat harga eceran tertinggi Rp16.500. Tapi kita jumpai di pengecer harganya bisa mencapai Rp30.000, “ungkapnya.

Sementara itu,  salah satu pengecer di Kota Lahat, Apling tak menampik kosongnya gas elpiji 3 Kg ini.  Menurutnya, minimnya ketersedian gas elpiji sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir. Ratusan tabung gas elpiji yang ia miliki kosong.

“Sudah dua pekan terakhir tidak dapat pasokan. Gak tau masalahnya apa.  Kita hanya menunggu dari suplaier.  Untuk satu tabungnya, Rp23.000 kita jual ke warga.  Informasinya sehari dua hari ini, bakal masuk,” paparnya.

Ketua DPC Hiswana Migas Lahat, Firdaus Agoes membantah terjadinya kelangkaan pasokan gas elpiji 3 Kg di Kota Lahat. Menurutnya,  bukan terjadi kelangkaan tapi saat ini sedang dibatasi ruang untuk para pengecer. Namun, untuk stok di pangkalan tersedia.  Bahkan mulai, Senin (5/11) kemarin menurutnya, pihak Pertamina telah menambah pasokan untuk wilayah Lahat sebesar 8%.

“Sehingga kami yakin ini akan membuat ketersediaan elpiji 3 Kg di masyarakat semakin terjaga. Bila pada titik-titik tertentu masih terdapat kekurangan pasokan, mohon kami di infokan, untuk dapat ditindaklanjuti,” jelasnya.

(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.