Banner Pemprov 2020
3M Muba

E-Parlemen, Perwujudan Parlemen Modern

Jakarta,koranindonesia.id-Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti menilai program e-parlemen merupakan salah satu bentuk perwujudan parlemen modern yang saat ini sedang diupayakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI. Menurutnya program e-parlemen yang dikembangkan oleh Bagian Persidangan Paripurna, Setjen DPR RI harus terus didukung hingga menjadi bentuk yang sempurna.

“Kalau menurut saya ini sangat bagus ya, apalagi ini adalah merupakan salah satu bentuk parlemen modern yang  terus coba digaungkan atau kita kampanyekan. Sehingga program ini akan mendukung bagian dari upaya parlemen modern tersebut. Hal ini harus terus dikembangkan lagi, dilanjutkan ide-idenya. Terlebih banyak rapat yang virtual juga ya,” jelas politisi Partai Gerindra itu saat dilansir dari situs DPR-RI, sesat sebelum Rapat Paripurna, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (9/11/2020).

Senada, Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan menilai, kehadiran program e-parlemen dianggap merupakan sebuah langkah inovatif dan taktis di Kesetjenan DPR RI yang dapat membantu terwujudnya tata kelola Rapat Paripurna yang berkualitas, serta memudahkan kinerja anggota dewan.

“Saya ucapkan apresiasi yang luar biasa atas kerja keras, kerja hebat, kerja cerdas yang dilakukan oleh Kesekjenan DPR RI dalam rangka melakukan inovasi program e-parlemen. Ini merupakan salah satu langkah tepat dalam mendukung kegiatan kami. Selain itu juga terlihat efisien,” ujar politisi PDI-Perjuangan itu.

e-parlemen merupakan program pengembangan teknologi informasi dimana nantinya pimpinan dan anggota DPR RI akan mendapatkan pelayanan tersedianya data dan informasi bahan rapat paripurna secara digital yang akan mudah diakses menggunakan telepon genggam. Secara umum bentuk ini merupakan upaya penggunaan kertas (paperless) yang menciptakan efisiensi kerja.

Selain itu, program ini juga menjanjikan terwujudnya keterbukaan informasi publik yang selama ini digaungkan oleh pemerintah. Seluruh masyarakat nantinya dapat mengakses bahan-bahan rapat persidangan paripurna dengan menggunakan barcode atau share link.

Arteria berpendapat bahwa program seperti ini dapat memberikan dampak positif yang cukup besar terhadap pandangan masyarakat terkait kinerja DPR RI. “Ini memastikan kerja-kerja DPR dapat terlihat secara nyata dan transparan di mata masyarakat, sehingga ada pandangan positif yang dapat dicitrakan,” imbuhnya.(ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.