Dukung GSMP, Setda Provinsi  dan PUBM Salurkan Bantuan Polybag Media Tanam

 

PALEMBANG,koranindonesia.id— – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang diinisiasi Gubernur Sumsel H. Herman Deru terus menuai dukungan dari berbagai kalangan.

Terbaru, dukungan ini diberikan oleh Sekretariat Daerah (Setda)  Provinsi Sumsel dan Dinas PU Bina Marga melalui penyerahan bantuan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumsel,  Selasa (22/2) siang.

Pj Sekda Provinsi Sumsel S.A. Supriono mengatakan selain membantu meningkatkan kinerja tim GSMP, aksi pemberian bantuan ini juga diharapkannya dapat diikuti OPD lainnya di lingkungan Pemprov Sumsel.

Menurut Supriono, gerakan ini adalah tanggungjawab bersama bukan hanya DKPP, Dinas Pertanian maupun Dinas Perkebunan saja.

” Harapannya pemberian bantuan ini diikuti seluruh OPD lainnya untuk penyediaan material. Makanya kita himbau semua OPD ikut membanti karena ini bukan hanya tanggungjawab sejumlah OPD tapi ini adalah gerakan bersama,” tegas Sekda.

Bantuan yang diberikan kali ini dijelaskan Sekda berupa poly bag berukuran 40×40. Bantuan ini merupakan hasil urunan staf di Setda dan PUBM dan bantuan itu rencananya akan didistribusikan ke seluruh Kab/Kota se Sumsel.

“Sebenarnya bantuan yang bisa diberikan bukan hanya polybag tapi bisa bibit, drum, benih ikan dan lainnya dikumpulkan di sekretariat DKPP Sumsel,” terangnya.

Iapun berharap gerakan ini berjalan sukses sehingga target Gubernur Sumsel meningkatkan pendapatan  dan mencukupi kebutuhan pangan masyarakat segera terwujud.

” Minimal masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri,” tambah Sekda.

Sementara itu Kepala DKPP Provinsi Sumsel Ir Ruzuan Efendi M.M menjelaskan bahwa sejak dilaunching 2 Desember 2021 lalu,  berbagai bantuan CSR dari perbankan dan BUMD sudah disalurkan pihaknya.

Sejauh ini dikatakan Ruzuan progres GSMP sudah berjalan bahkan ada beberapa  menunjukkan hasil yang baik.

“Di beberapa kabupaten sudah mulai menunjukkan hasil. Contohnya di Palembang  terlihat menggeliat menanam sayur dan pembiakan ikan. di Prabumulih pun begitu,” jelasnya.

Menurutnya Ruzuan gerakan Setda dan Dinas PUBM ini sangat diharapkan pihaknya. Karena jika semua elemen pemerintahan dan masyarakat bergerak, apa yang diharapkan agar Sumsel Mandiri Pangan  yang menjadi target Gubernur Herman Deru dapat lebih cepat terwujud.

Ruzuan pun mengatakan saat ini masyarakat dan OPD yang berniat memberikan bantuan dapat memberikan dalam berbagai bentuk. Baik itu polybag, drum ikan, bibit, benih.

” Hampir semua jenis bantuan kita butuhkan. Terutama untuk budi daya sarana prasarana. Sepertu poly bag dan gentong kita butuh sebanyak-banyaknya,”  tambahnya.

Iapun mengaku sangat terbantu sekali denfan inisasi yang dilakukan Setda Provinsi Sumsel dan Dinas PUBM. Iapun berharap aksi ini dapat diikuti oleh OPD lainnya. Sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat terbantu.

” Harapan kita keinginan Pak Gubernur agar gerakan ini dapat.mengubah mindset masyarakat dari pembeli menjadi penghasil bisa secepatnya diwujudkan.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.