Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba Bayar Pajak

Dukcapil Berbenah, Siapkan Layanan Prima Administrasi Kependudukan

Jakarta,koranindonesia.id-Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan evaluasi dan pembenahan. Agar dapat memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat.

“Kami ingin berbenah di tahun 2021, (agar,red) bisa melakukan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih baik lagi,” kata Dirjen Dukcapil Kemendagri,  Zudan Arif Fakrulloh, dalam keterangannya usai acara penandatanganan kerja sama Dukcapil Kemendagri dengan sejumlah lembaga di Jakarta, Rabu (30/12/20).

Menurut Zudan, persoalan administrasi kependudukan merupakan urusan yang harus ditanggung secara bersama karena menyangkut kebutuhan masyarakat.

“Urusan umum di bidang administrasi kependudukan, sekaligus merupakan urusan bersama dan menjadi urusan wajib di daerah. Pelayanan publik ini harus segera bisa kita aplikasikan, walaupun kita sudah berbenah,” urainya.

Zudan menuturkan, layanan Dukcapil di berbagai daerah diingatkan agar tidak memberikan pelayanan bertele-tele, lamban, dengan prosedur yang panjang.

“Beberapa keluhan masih muncul seperti lambannya pelayanan, pelayanan yang memperlambat persyaratan tertentu, prosedur yang panjang, dan masih ada pungli dan calo di beberapa daerah,” katanya.

Zudan mengakui pelayanan Dukcapil harus dievaluasi, sehingga Dinas Dukcapil di seluruh penjuru negeri dapat melakukan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan secara optimal.(ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.