Bhintan Shalawat

Dubes AS Berikan Penghargaan Kepada Delapan Pegawai KPK

JAKARTA,koranindonesia.Id-Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr, memberikan penghargaan kepada  delapan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengusutan kasus proyek KTP-elektronik.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan delapan pegawai yang diberi penghargaan tersebut terdiri diri dari unsur penyidik, jaksa, dan bagian kerja sama internasional.

Dikatakannya hari ini Donovan datang berkunjung dan berdiskusi dengan pimpinan KPK dan yang salah satunya yang paling penting menyerahkan penghargaan atas kerja sama yang baik dengan FBI dan Department of Justice di Amerika Serikat dalam pengusutan kasus KTP-e.

“Donovan menyatakan tadi bahwa dirinya merasa terhormat dalam kunjungannya ke KPK kali ini. Jadi, hari ini kami datang untuk mengakui dan memuji kerja yang luar biasa dan sulit dari KPK yang sangat dihormati di Indonesia,” ungkapnya seperti penuturan Donovan, kepada wartawan, usai pertemuan dengan Dubes AS untuk Indonesia di gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/02/2019).

Donovan mengakui bahwa pihaknya selalu menghormati kerja sama yang dibangun dengan KPK. Dirinya mengakui semangat komitmen dan upaya yang luar biasa yang dicurahkan oleh para penyidik, jaksa penuntut, dan spesialis kerja sama di KPK.

“Untuk itu, Donovan pun mengharapkan kerja sama yang dibina tersebut bisa menjadi model bagi pihak-pihak lain dalam upaya memerangi korupsi global,” terangnya.

Sementara itu, Syarif menyatakan bahwa dalam pertemuan itu juga didiskusikan soal pengalihan aset dari Direktur PT Biomorf Lone Indonesia Johannes Marliem. Biomorf Lone merupakan perusahaan penyedia layanan teknologi biometrik merek L-1 yang akan digunakan dalam proyek KTP-e. Johannes diketahui telah meninggal dunia di kediamannya di Loas Angeles, AS pada Agustus 2017 lalu.

“Asetnya yang berhubungan dengan KTP-e sudah diidentifikasi tetapi pengalihannya dari Amerika ke Indonesia masih dalam proses pengalihan dan salah satu itu yang kami diskusikan dan yang saya kerjakan sekarang,” tandasnya. (Erw)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.