Banner sumsel

Dua Dapil di Lahat Alami Perubahan Alokasi Kursi

LAHAT, koranindonesia.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lahat menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk pemilihan umum legislatif tahun 2019 mendatang. Dari 5 Dapil, ada dua Dapil diantaranya mengalami perubahan alokasi kursi.

Ketua KPU Lahat, Samsurizal Nusir melalui melalui Komisioner Teknis Pemilu Hupmas, Dwi Larasati mengutarakan, penetapan Dapil itu tertuang pada Surat Keputusan KPU RI Nomor:  269/PL.01.3-KPT/06/KPU/IV/2018 Tentang Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota di wilayah Sumatera Selatan dalam Pemilu 2019.

Diuraikannya, untuk daerah pemilihan Kabupaten Lahat,  Dapil I Kecamatan Lahat alokasi 10 kursi dengan jumlah penduduk 108.284 jiwa. Dapil II alokasi 6 kursi meliputi Kecamatan Merapi Barat, Merapi Timur, dan Merapi Selatan jumlah penduduk 58.641 jiwa, lalu, Dapil III  alokasi 7 kursi meliputi Kecamatan Lahat Selatan, Pulau Pinang, Gumay Ulu, Pagar Gunung, Tanjung Tebat, Kota Agung, Mulak Ulu, dan Mulak Sebingkai jumlah penduduk 79.640 jiwa, Dapil IV alokasi 8 kursi meliputi Kecamatan Tanjungsakti Pumu, Tanjungsakti Pumi, Jarai, Pajar Bulan, Sukamerindu, dan Muara Payang dengan jumlah penduduk 83.286  jiwa dan Dapil V  alokasi 9 meliputi Kecamatan Gumay Talang, Kikim Timur, Pseksu, Kikim Tengah, Kikim Selatan, dan Kikim Barat dengan jumlah penduduk 97.469 jiwa.

Diutarakan, jumlah alokasi kursi di DPRD Lahat tetap 40 kursi, namun ada perubahan alokasi kursi pada 2 dapil yakni Dapil 1 yang pada pemilu 2014 lalu alokasinya 11 kursi menjadi 10 kursi. Dan, Dapil II pada pemilu lalu 5 kursi menjadi 6 kursi pada pemilu 2019.

“Alokasi kursi itu berdasarkan jumlah penduduk,” kata Dwi Larasati.

Ditambahkan, penetapan daerah pemilihan ini akan segera disosialisasikan kepada partai politik peserta pemilu 2019. (nur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.