Banner sumsel

DPD RI Harus Lebih Berperan untuk Kepentingan Daerah

JAKARTA,koranindonesia.Id- DPD RI merayakan ulang tahun yang ke-14. Dan secara alamiah, usia 14 tahun itu relatif masih remaja.

“Tapi dari sisi organisasi, usia itu cukup panjang untuk melihat kembali apa yang sudah dikerjakan selama ini dalam mengartikulasikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah-daerah di nusantara ini,” kata Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang dalam sambutannya di acara HUT ke-14 DPD RI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

DPD RI, kata OSO, sapaan akrabnya, menyadari masih banyak aspirasi masyarakat yang masih perlu diperjuangkan lagi untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dalam era demokrasi di tengah globalisasi saat ini.

Dimana tuntutan masyarakat pun semakin tinggi, karena bangsa  ini semakin maju dalam berbagai aspek kehidupan.

“Tentu saja untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di berbagai daerah, diperlukan lembaga perwakilan daerah yang semakin kuat pula, semakin mumpuni dan profesional dalam bekerja, agar kehadiran DPD RI sungguh-sungguh bermakna dan bermanfaat bagi kepentingan bangsa,” tandasnya.

Dalam konteks itulah maka Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua atas UU MD3, telah memberikan mandat dan tugas kepada DPD RI untuk melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Peraturan Daerah dan implementasinya.

“Dengan kewenangan baru tersebut, maka DPD RI dapat menjembatani kepentingan daerah dan pusat secara lebih baik lagi, khususnya dalam melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Perda di semua daerah, agar tidak lagi berbenturan dengan berbagai peraturan di tingkat pusat,” harap OSO. (Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.