Banner sumsel

Dirut PT PLN Sofyan Basir Diperiksa Saksi Kasus Suap PLTU Riau-1

JAKARTA,koranindonesia.Id-Untuk mendapatkan keterangan terdakwa Johanes B Kotjo, hari ini, Kamis (25/10/2018) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Direktur Utama (Dirut)  PT PLN Sofyan Basir untuk diminta kesaksian di sidang kasus suap PLTU Riau-1.

Jaksa KPK Lie Putra Setiawan mengatakan memanggil Sofyan Basir dikarenakan yang bersangkutan disebut pernah bertemu dengan para tersangka kasus suap PLTU Riau-1, Eni Saragih dan Idrus Marham dibeberapa tempat. Setidaknya ada 9 pertemuan yang keseluruhannya diikuti Sofyan.

“Untuk itulah kita melakukan pemeriksaan kepada Sofyan, untuk mengetahui jelas apa pembicaraan mereka dalam pertemuan 9 kali tersebut,” katanya kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (24/10/2018).

Dijelaskan Lie Putra selain Direktur Utama PLN, pihaknya juga melakukan pemanggilan saksi lainnya, yakni Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Supangkat Iwan. Diketahui juga yang bersangkutan turut hadir dan mengetahui kasus Suap PLTU Riau-1 yang sudah ditetapkan adanya tersangka.

“Ya, keduanya kita panggil dan berencana semuanya hadir dalam pemanggilan hari ini,” tandasnya.

Dalam perkara ini, Kotjo didakwa menyuap Eni dan Idrus sebesar Rp 4,7 miliar. Duit itu dimaksudkan agar perusahaan Kotjo, Blackgold Natural Resources Limited, bisa menggarap proyek PLTU Riau-1. (Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.