Banner Pemprov 2020
kopri

Dirjen IKP: Mahasiswa Jadi Mata-Telinga dalam Pemilihan Serentak 2020

Jakarta,koranindonesia.id-Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai mahasiswa memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020. Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo, sebagai agen perubahan, mahasiswa memiliki peran vital dalam kehidupan bernegara.

“Dalam agenda politik akbar seperti Pemilihan Serentak 2020, mahasiswa mempunyai peranan penting untuk mengajak masyarakat melek politik untuk menyukseskan gelaran pemilihan,” ungkapnya dalam Webinar Sosialisasi Pemilihan Serentak 2020 dari Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Menurut Dirjen IKP, mahasiswa memiliki kontribusi penting karena dalam era virtual, mahasiswa   memiliki aksesibilitas lebih baik dan kepekaan terhadap teknologi digital.

“Mahasiswa menjadi mata dan telinga kita dalam Pemilihan. Mahasiwa dan media kampus berperan sebagai motor dan referensi bagi masyarakat agar tidak salah dan tersesat dalam mendapatkan serta mengonsumsi informasi guna mendukung kesuksesan pesta demokrasi Pemilihan 2020,” tandasnya.

Dalam webminar itu, Dirjen Widodo menyampaikan materi “Peran Mahasiswa dalam Menyukseskan Pemilihan Serentak 2020”. Menurut Dirjen IKP, Pemilihan Kepala Daerah tahun ini sangat istimewa, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19. “Dalam berbagai kegiatan harus mengedepankan protokol kesehatan termasuk cara berkampanye juga mengeliminer semaksimal mungkin terjadi kerumunan. Ini yang saya kira menjadi penting sehingg sejauhmana adik adik mahasiswa bisa memainkan kiprahnya,” tuturnya.

Dirjen Widodo mengharapkan mahasiswa dapat gigih untuk menjauhkan diri dari money politics. “Termasuk tidak terjebak pada apa yang disebut dengan black campaign atau kampanye negatif agar kita menyehatkan dunia digital kita,” tegasnya.

Dalam kegiatan kolaborasi Direktorat Politik, Hukum dan Keamanan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik dengan Universitas Muhammadiyah Magelang itu hadir sebagai narasumber Rektor Univmma Suliswiyadi, Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Aron, dAkademisi Universitas Negeri Yogyakarta, Nasrullah.(ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.