Banner sumsel

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Meluncurkan Sistem Tilang Elotronik

JAKARTA,koranindonesia.Id-Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meluncurkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Bundaran HI Jakarta Pusat, Minggu (25/11/2018).

Direktur Lalu Lintas (Kakorlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, menyatakan peluncuran sistem tilang elektronik ini sebagai bentuk sosialisiasi ke masyarakat dan pengguna yang melintasi. Sehingga sistem yang diberlakukan ini akan meningkatkan transparansi penegakan hukum melalui lalu lintas.

“Tujuan memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada masyarakat di wilayah Polda Metro Jaya, agar lebih disiplin berkenderaan bermotor,” kata Yusuf, Minggu (25/11/20/2018).

Dia berharap, peluncuran ETLE ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Serta, meningkatkan keamanan masyarakat dan meningkatan pelayanan publik berbasis teknologi infomasi. Apalagi sistim tilang eletronik ini dipantau dengan kamera CCTV, dimana pelanggarnya akan diberi tilang melalui kantor pos.

“Pelanggaran yang terekam akan di data dan dilihat alamat rumahnya melalui alamat STNK, nantinya surat tilang diantar oleh kantor pos,” jelasnya.

Untuk itu, sistem tilang elektronik ini adalah satu satu bentuk terobosan penegakan hukum berlalu lintas, dengan menggunakan sistem teknologi terbaru dalam kamera CCTV. Sistem ini dikembangkan oleh Polri bersama Kejaksaan RI, Mahkamah Agung RI, dan Bank BRI.

Selama ini, CCTV yang berada di jalan hanya bisa melihat situasi jalan raya. Sementara sistem ETLE yang menerapkan teknologi automatic number plate recognition (ANPR), mampu menyimpan sekaligus merekam bukti pelanggaraan.

“Teknologi elektronik automatic number plat recognition ini dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis, merekam, dan menindaklanjuti pelanggaran tersebut, untuk bisa dipergunakan sebagai barang bukti penilangan,” tegasnya.

Hanya saja, sistem tilang elektronik ini belum dapat diterapkan secara luas, karena masih dalam tahap finalisasi pada bulan Desember ini. Saat ini, baru ada dua ruas jalan di Jakarta yang telah dilengkapi sistem ETLE. Kedua ruas jalan tersebut adalah Jalan Medan Merdeka dan Jalan MH. Thamrin.

“Tahun depan, ditargetkan akan ada 80 CCTV terpasang. Kamera-kamera tersebut akan ditempatkan di 40 titik ruas jalan Jakarta,” tandasnya.

Sosialisasi tilang elektronik dihadiri oleh Menpan RB Syafruddin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakapolri Komjen Ari Dono dan Kadiv Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.