Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Dipecat, Mantan Ketua DPD Partai Demokrat Halmahera Utara Gugat AHY Rp 5 Miliar

JAKARTA, koranindonesa.id – Mantan Ketua DPC Partai Demokrat (PD) Halmahera Utara, Yulius Dagilaha menggugat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lantaram dipecat dari partai berlambang bintang Mercy tersebut.

Gugatan itu diajukan Yulius ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Dalam permohonannya, Yulius meminta AHY membatalkan SK pemecatan dan membayar kerugian Rp 5 miliar.

“Pada prinsipnya Pak Yulius ini kan Ketua DPC Halmahera Utara. Dia dipecat dari ketua DPC yang terpilih secara demokratis. Dipecat tanpa dipanggil, diperiksa, memberikan kesempatan kepada beliau untuk memberikan keterangan ke DPP. Langsung dipecat aja dari jabatannya sebagai Ketua DPC. Itukan tindakan yg tidak sesuai prosedur, mekanisme,” ujar pengacara Yulius, Kasman Ely di PN Jakpus, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2021).

Kasman menjabarkan, bahwa kliennya dirugikan karena adanya pemecatan ini. Sebab, Yulius adalah seorang anggota DPRD Halmahera Utara Fraksi Demokrat saat ini.

Maka dari itu, Yulius pun meminta AHY untuk membayar kerugian materil sebesar Rp 5 miliar atas pemecatan tersebut.

“Kalau Pak Yulius mencantumkan karena merugikan dia sebagai Ketua DPC. Yang bersangkutan juga anggota DPRD aktif. Sehingga yang bersangkutan merasa dirugikan, karena kalau dipecat itukan tidak lagi bertindak sebagai Ketua DPC Halmahera Utara, dalam hal ini tentu merugikan beliau yang secara materil perkirakan kerugian itu sekitar Rp 5 M,” ucap dia.

Disinyalir pemecatan terhadap Yulius bermuara pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Kasman pun memberi penjelasan bahwa kliennya tidak bersalah, untuk ikut dalam KLB tersebut.

“Jadi begini, Pak Yulius ini dipecat itukan SKnya tanggal 4 Maret 2021. KLB kan tanggal 5-6 (Maret). Yang kedua, KLB setiap kader berhak mengikuti KLB. KLB tidak dilarang, kan itu tingkatan kongres, boleh aja kader ikut KLB. Tidak ada aturan yang melarang kader ikut KLB,” ucapnya.

“Ya yang bersangkutan itu kan datang dulu ke KLB, ikut KLB. Ada kongres dari PD, kalau menyangkut selanjutnya kan tidak sepihak langsung dipecat. Seharusnya beliau dipanggil dulu dan KLB itu tidak melarang. Bagi Pak Yulius itu adalah hak dia sebagai kader,” tambahnya.

Sebagai informasi, gugatan Yulius tersebut bernomor 167/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN Jkt.Pst dan didaftarkan pada 12 Maret 2021. Yulius yang juga Ketua DPRD Halut itu menggugat AHY dan Sekjen PD Teuku Riefky Harsya, lantaran Yulius dipecat dan digantikan oleh Lazarus Simon.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.