Banner sumsel

Dipasang di Halaman Masjid Baliho Caleg Bakal Copot

LAHAT, koranindonesia.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat bakal menegur dan mengimbau pemasangan baliho salah satu caleg yang terpasangan di halaman Masjid Muhajirin yang berada di Jalan Kol H Barlian, Lahat, Sumatra Selatan (Sumsel).

Lantaran sesuai PKPU No 23/2018 tentang Kampanye Pemilu, pasal 34 ayat (2) bahwa alat peraga kampanye (APK) dilarang dipasang di tempat ibadah, termasuk halaman;  rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan;  gedung milik pemerintah; dan lembaga pendidikan (gedung dan sekolah).

Ketua KPU Lahat Nana Priana mengungkapkan, bahwa sesuai PKPU tidak boleh memasang di tempat ibadah maupun halaman. “Jelas melanggar dan untuk penertiban ke pihak Bawaslu Lahat,” ungkap Nana, Kamis (7/2/2019).

Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah mengungkapkan, bahwa dari temuan tersebut, pihaknya akan mengirimkan surat peringatan penertiban penurunan kepada peserta pemilu, berkoordinasi dengan Satpol PP dalam melakukan penertiban, memberikan tanda, dan atau informasi sebagai bentuk peringatan, dan  melakukan penertiban maksimal tiga hari kerja setelah peringatan penertiban. “Kita juga akan pasang stiker tulisan “Melanggar”. Bila dalam 3×24 jam tidak dilepaskan akan ditertibkan bersama Pol PP,” kata Andra.

Selain itu, lanjutnya juga ada beberapa baliho yang diduga melanggar seperti di kawasan Muara Siban. Lantaran baliho yang dipasang milik Pemerintah Daerah. “Namun masih kita koordinasikan,” ungkapnya.

(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.