Banner sumsel

Dinsos Tindak Lanjuti ODGJ

INDRALAYA, koransumatera.com – Meski jarang adalaporan tentang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau orang gila ke Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir (OI), tapi Dinsos OI memastikan langsung menindak lanjuti setiap laporan masuk. Demikian dikatakan Kabid Pelayanan, Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial OI, Hasanah Rizki< Kamis (15/2/2018).

Tidak hanya itu, menurutnya, saat mendapatkan kasus atau permasalahan orang gila, pihaknya langsung berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan OI. Namun yang pasti, pihaknya akan terus melakukan pemantauan pasca dilakukan perawatan dan pengobatan oleh dokter atau dinas kesehatan.

”Melakukan perawatan pasca pemulihan ini, tidak hanya pada pasien, namun juga dilakukan pada keluarga dan lingkungan pasien. Karena tidak sedikit lingkungan yang tidak mau menerima pasien kembali ke tengah masyarakat, namun tugas dinas sosial memberikan masukan dan pengertian kepada keluarga dan masyarakat lingkungannya agar dapat menerima kembali pasien di tengah tengah mereka,” katanya.

Menurut Hasanah, penyebab seseorang terganggu kejiawaanya dan hilang ingatan, mayoritas  dikarenakan masalah perekonomian. Sebenarnya pasca pengobatan dan pasien sudah dinyatakan sembuh, kembali ke tengah masyarakat, namun yang terpenting bukan hanya memberikan pengertian, pemantauan, tetapi memberikan dorongan dan semangat untuk bekerja, memberikan support. “Pasca pemulihan pasien, seharusnya bukan hanya support dan pengertian, namun juga ditunjang bantuan agar mereka bisa bekerja,” tutup Hasanah.

Reporter : Sanditya Lubis

Editor: elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.