Dinas Budaya dan Pariwisata Sumsel Ajak Komunitas Terlibat dalam Asian Games  2018

PALEMBANG,koranindonesia.id– Puluhan komunitas se-kota Palembang berkumpul di Museum Negeri Sumatera Selatan untuk mengumpulkan ide kegiatan menjelang Asian Games 2018 mendatang, Senin (16/4/2018).

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga menuturkan bahwa api obor Asian Games akan masuk ke Palembang pada  4 Agustus. Dari  tanggal 4 Agustus hingga 3 September akan dipenuhi oleh berbagai kegiatan yang akan menyemarakkan Asian Games yakni kegiatan pameran kuliner, festival sriwijaya, guyub festival dan kegiatan lainnya. Irene menambahkan bahwa komunitas harus terlibat dan ikut serta merancang agenda mulai dari sekarang.

“Disinilah fungsi komunitas untuk menyusun berbagai kegiatan dan terlibat dalam Asian Games kali ini”, tambah Irene.

Hal senada juga disampaikan oleh Hadran selaku Kepala Bidang Promosi Disbudpar Provinsi Sumatera Selatan. Ia menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang diisi oleh komunitas harus turut pula mempromosikan kota palembang, kebudayaan Sumatera Selatan dan peninggalan kerajaan Sriwijaya melalui media sosial.

“Komunitas juga perlu mempromosikan kegiatan yang mencakup kebudayaan di Sumatera Selatan dan peninggalan kerajaan Sriwijaya pada sosial media”, kata Hadran.

Diskusi yang bertemakan “Peran komunitas dan masyarakat dalam menyukseskan Asian Games 2018” yang digelar oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan bertujuan untuk mengajak komunitas bergerak bersama dan terlibat dalam agenda olahraga tingkat Asia ini. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Disbudpar Sumatera Selatan dan Forum Pesona Sriwijaya selaku wadah pegiat pariwisata Sumsel.

Sementara itu, perwakilan komunitas yang hadir pun antusias untuk menyampaikan ide mereka. Deo, seorang relawan Jumat Sedekah Indonesia memberikan saran untuk melukis tiang LRT dengan motif kebudayaan dan ciri khas Sumatera Selatan.

“Alangkah indahnya tiang LRT jika dihiasi dengan lukisan bermotif kebudayaan dan ciri khas sumatera selatan”, saran Deo.

Ide menarik lain disampaikan oleh Karan Havinas, anggota Komunitas Mata Kita. Komunitas Mata Kita mengusulkan untuk mengadakan kegiatan menulis essay tentang Sumatera Selatan dan selanjutnya menghadirkan Najwa Shihab untuk hadir pada kegiatan ini.

“Menurut saya, kita bisa mengadakan kegiatan menulis essay tentang Sumatera Selatan dan menghadirkan Najwa Shihab sebagai juri”, usul Karan.

Muncul berbagai usul menarik dan mendapatkan tanggapan baik dari Dinas Budaya dan Pariwisata. Semua ide ditampung oleh Forum Pesona Sriwijaya.

Diskusi berjalan lancar dan diikuti oleh 81 komunitas se-Kota Palembang dan perwakilan pegiat pesona pariwisata dari setiap kabupaten/kota (ard/dpr).

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.