Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Dilantik Hari Ini, ICW Minta Pengangkatan Indriyanto Seno Adji Sebagai Dewan Pengawas KPK Dibatalkan

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Pengangkatan Indriyanto Seno Adji sebagai anggota Dewan Pengawas KPK dinilai ganjil oleh ICW. Pengangkatan Indriyanto ini tidak sesuai aturan yang tercatat di UU dan tidak ada panitia seleksi sebelumnya.

Menurut peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana, dalam keterangannya, Kamis (29/4), pengangkatan itu dilakukan tanpa melalui mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dalam Pasal 37 E ayat (2) UU 19/2019 jo Pasal 15 PP 4/2020. Padahal jelas-jelas disebutkan, Presiden harus membentuk panitia seleksi terlebih dahulu, jika kemudian ada anggota Dewan Pengawas yang berhenti karena meninggal dunia.

Diketahui, pengangkatan Indriyanto Seno Aji dilakukan setelah Artidjo Alkostar meninggal dunia. Kendati dengan langkah penggantian yang tidak sesuai ketentuan tersebut, Kurnia menilai Presiden Joko Widodo telah menabrak aturan yang dibuatnya sendiri.

Langkah ini menunjukkan Presiden telah mengabaikan dan menabrak regulasi yang ia ciptakan sendiri.

Sebagai lembaga pemantau, lanjut Kurnia, ICW pun merekomendasikan agar Presiden Joko Widodo segera membatalkan keputusan untuk menunjuk Indriyanto Seno Adji sebagai anggota Dewan Pengawas KPK.

ICW merekomendasikan untuk membatalkan keputusan terkait dan memproses ulang dengan terlebih dahulu membentuk panitia seleksi.

Sebagai informasi, Indiryanto telah diangkat Presiden Joko Widodo untuk mengisi jabatan Dewan Pengawas KPK. Pelantikan Indriyanto akan dilakukan hari ini, Kamis (29/4) di Gedung Merah Putih KPK Jakarta Selatan. (Ari)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.