Diikuti 14.000 Pelajar, Herman Deru Minta TO Akbar Jadi Agenda Tahunan

PALEMBANG,koranindonesia.Id – Try Out (TO) tingkat SMA sederajat se-Sumsel yang digelar salah satu harian di Kota Palembang diikuti 14.000 peserta. Acara berlangsung di Sport and Convention Center (PSCC), Sabtu (2/2/2019). Gubernur Sumsel Herman Deru meminta agar kegiatan ini dijadikan agenda rutin tahunan.

“Idenya sangat brilian dan bagus sekali. Try Out ini kan semacam persiapan untuk ujian biar anak-anak tidak grogi menghadapi ujian nanti. Harusnya ini diadakan setiap tahun karena peminatnya banyak sekali,” jelasnya diwawancarai usai acara.

Gubernur Sumsel Herman Deru yang datang didampingi Duta Literasi Sumsel Hj.Percha Leanpuri B.Bus M.BA mengatakan, hendaknya peserta TO benar-benar serius mengikuti kegiatan ini karena penting untuk bekal ujian akhir sekaligus untuk persiapan SBMPTN yang tinggal beberapa bulan lagi.

“TO ini penting untuk melatih kesiapan menghadapi ujian. Jadi nanti waktu ujian sudah siap menghadapi soal-soal yang diberikan. Karena biasanya soal-soalnya mirip,” terang mantan Bupati OKU Timur dua periode tersebut.

Tak hanya belajar dan mengikuti kegiatan postif seperti TO, ia juga berpesan agar pelajar tidak lupa berdoa serta menjaga kesiapan fisik. Jangan sampai justru saat ujian malah sakit atau terganggu kesehatannya.

” Jangan begadang dan jaga fisik dan terus belajar dan berupaya mencari tahu ilmu-ilmu yang sudah diberikan guru-guru sebelumnya,” ujar Herman Deru.

Diapun meminta agar belasan ribu pelajar yang hadir tidak mudah percaya dengan isu adanya bocoran soal dan lainnya. Sebaliknya para siswa ini diminta untuk tetap belajar karena kualitas soal yang diberikan pasti sama baik di desa hingga perkotaan.

Kepada guru-guru yang ikut hadir, Herman Deru meminta agar bisa mengarahkan dan membimbing anak didiknya untuk lebih tekun belajar menjelang ujian. Sehingga usai lulus sekolah para anak didik dapat melanjutkan pendidikan ke berbagai Perguruan Tinggi (PT) favorit di seluruh Indonesia khususnya Unsri.

Di tempat yang sama Duta Literasi Sumsel, Hj Percha Leanpuri B.Bus M.BA mengatakan sangat senang melihat ribuan pelajar yang hadir mengikuti TO tersebut. Sebagai Duta Literasi dia mengaku bangga melihat semangat para pelajar untuk mencapai cita-cita.

“Sebagai Duta Literasi saya sudah roadshow ke berbagai daerah di Sumsel, melihat semangat siswa hari ini sungguh sangat luar biasa. Saya yakin dengan semangat yang begitu tinggi dari generasi muda target Sumsel Maju untuk Semua akan cepat terwujud,” jelasnya.

Dikatakan Percha, Try Out ini sangat berguna untuk mengisi hari-hari menjelang ujian. Dengan pengetahuan yang banyak diyakininya akan mempermudah para siswa menjalani ujian termasuk memudahkan langkah masuk PTN-PTN tujuan. Kepada ribuan pelajar itu, Percha juga berpesan agar tetap menjaga Sumsel tetap kondusif.

“Adik-adik ini sebentar lagi menyelesaikan sekolahnya. Dengan Try Out semoga para lulusan ini semakin berkualitas sehingga semakin siap menggapai cita-cita yang diimpikan. Selamat mengikuti TO untuk semua peserta,” tutupnya.

Selain Duta Literasi Hj Percha Leanpuri, kegiatan itu juga tampak dihadiri Wakil Kapolda Sumsel Brigjen Pol Denni Gapril, serta Kadiknas Sumsel Widodo serta pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Sumsel serta tamu undangan lainnya. (lan/ril)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.