Banner Pemprov 2020
Banner september

Diduga Korupsi Anggaran Covid-19, Menteri Kesehatan Zimbabwe Ditangkap

 

ZIMBABWE, koranindonesia.id – Komisi Anti Korupsi Zimbabwe (ZACC) menangkap Menteri Kesehatan dan Pemberdayaan Anak Obadiah Moyo pada hari Jumat (19/6) atas tuduhan Korupsi terkait dengan pasokan bahan medis untuk penanganan wabah corona (COVID-19).

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa Menteri Moyo saat ini ditahan di Kantor Polisi Rhodesville dan kemungkinan akan muncul di pengadilan besok,” kata juru bicara ZACC Komisaris John Makamure, dilansir dari laman CGTN, Sabtu (20/6/2020).

Menurut Makamure, Moyo ditangkap karena kesepakatan pengadaan yang mencurigakan senilai jutaan dolar AS.

Moyo menjadi menteri kedua yang ditangkap karena diduga melakukan Korupsi dalam pemerintahan Presiden Emmerson Mnangagwa, setelah penangkapan tahun lalu dari menteri pariwisata Prisca Mupfumira.

Pekan lalu Delish Nguwaya, dikatakan sebagai perwakilan lokal dari perusahaan farmasi internasional Drax International, ditangkap atas tuduhan serupa. Drax International adalah perusahaan yang memasok peralatan kepada pemerintah.

Dibandingkan dengan negara-negara Barat dan Asia, dampak dari wabah Virus Corona (COVID-19) relatif kecil di Zimbabwe dengan hanya 479 kasus dan 4 kematian.

Namun, negara tersebut menghadapi krisis ekonomi berkepanjangan dan semakin parah dengan adanya pandemi COVID-19.

Inflasi Zimbabwe mencapai 785,55 persen pada April, dan ekonominya yang rapuh menyusut 8,3 persen tahun lalu. Ini semakin menyulut kemarahan publik atas layanan yang tidak memadai dan Korupsi di kalangan pemerintah.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.