Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Diakui Brigjen Rusdi Hartono, Saat Zakiah Aini Masuk ke Mabels Polri, Ada Sedikit Kerusakan Metal Detector

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Lolosnya Zakiah Aini masuk ke halaman Mabes Polri dengan mudah ditanggapi Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Rusdi Hartono. Menurutnya, untuk memasuki Mabes Polri, sudah ada SOP untuk memeriksa tamu.

“Kita punya SOP, seperti petugas pemeriksaan akan menanakan identitas dan terkait keperluan apa datang ke Mabes, barang-barang diperiksa, termasuk melewati metal detector. Sejak kejadian kemarin (penyerangan oleh Zakiah Aini), Mabes Polri sedang mengaudit sistem pengamanan, kalau ada yang masih dianggap kurang,” ujar Rusdi Hartono seperti terlihat di tayangan tvone, Kamis (1/4).
Menurutnya, memang ada sedikit masalah pada alat pendeteksi yang ditempatkan pada pintu penjagaan bagian belakang Mabes.
“Kemarin itu metal detector itu baru berbunyi setelah (pengunjung) lewat satu langkah. Mungkin ada sedikit kerusakan pada metal detector penjagaan bagian belakang.”

Menurut dia, idealnya metal detector langsung berbunyi ketika dideteksi ada barang seperti senjata api. “Tetapi, ketika lewat satu langkah, baru berbunyi. itu salah satu temuan saat audit,” ungkapnya.

Berdasarkan video, Zakiah Aini mengenakan pakaian serba hitam saat mendatangi Mabes Polri. Dia mengenakan jilbab berwarna biru dan bercadar hitam.

Perempuan itu tampak santai berjalan di halaman gedung utama Mabes Polri sambil membawa sebuah map warna kuning.
Seorang petugas polisi tampak duduk di sebuah kursi di depan gedung pos jaga yang tak jauh dari tempat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkantor. Petugas tersebut duduk membelakangi perempuan tersebut.

Petugas itu kemudian tampak berdiri dan menuju ke dalam gedung pos jaga. Perempuan tak dikenal itu pun berjalan mendekat.
Mulanya, dia tampak berbelok ke kanan di samping gedung. Namun perempuan itu kemudian mengikuti petugas yang masuk ke dalam gedung pos jaga.

Sejurus kemudian, perempuan itu terlihat langsung menodongkan senjata api kepada petugas yang berada di dalam. Tiga petugas yang keluar untuk mengecek juga ditodong.

Perempuan penyerang tersebut tampak tak menggunakan pelindung diri apa pun. Namun dia terlihat nekat terus menodongkan senjata. Tak diketahui apakah senjata tersebut ditembakkan atau tidak.
Perempuan itu kemudian terlihat berjalan menuju halaman sembari tetap menodongkan pistol. Tak berapa lama, polisi langsung menembak perempuan itu. Asap tampak muncul di sekitarnya. Perempuan itu pun terlihat langsung tersungkur.(ari)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.