Banner sumsel

Di-PAW Empat Anggota Dewan OKU Gugat ke PN, Alfarizi : Proses Tetap Jalan

BATURAJA, koranindonesia.id  – Gugatan yang diajukan empat dari lima anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel) ke Pengadilan Negeri (PN) Baturaja, tak mempengaruhi proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Proses PAW tetap berjalan,” kata Kabag Hukum dan Persidangan DPRD OKU Alfarizi, saat ditanya wartawan, Selasa (23/10/2018).

Ditambahkan Alfarizi, pihaknya hanya bersifat menunggu hasil dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, sebab semua berkas dan kelengkapan sudah diserahkan ke gubernur melalui Bupati OKU.

“Jadi sekali lagi, kita tinggal menunggu SK saja,” imbuhnya pula.

Dijelaskannya, jika semua proses PAW tersebut sudah selesai, pihak DPRD OKU nantinya, akan menentukan jadwal Sidang Paripurna pelaksanaan PAW kelima anggota DPRD, melalui Badan Musyawarah (Banmus) DPRD OKU.

Terkait gugatan dari empat anggota DPRD yang di-PAW partainya masing-masing, karena pindah partai pada Pemilu 2019 mendatang, apakah menganggu proses PAW itu sendiri, menurut Alfarizi, hal (gugatan) itu tidak ada kaitanny dengan proses PAW yang akan tetap berjalan.

“Kalau masalah (gugatan) itu tergantung subtansinya. Bisa iya bisa tidak. Kita sifatnya menunggu SK saja,” tukasnya.

Diketahui empat dari lima anggota DPRD OKU dari partai berbeda menggugat partainya ke Pengadilan Negeri Baturaja, gugatan tersebut dilayangkan atas dasar ketidakpuasan terhadap keputusan PAW yang dilakukan partai.

Keempat anggota Dewan tersebut diantaranya Parwanto dari Partai Amanat Nasional (PAN),  Yudi P Nugraha dari Partai Keadilan Bangsa (PKB),  Syahril Elmi dari PKS serta Kamaludin dari PKPI.

Keempat anggota dewan ini menggugat partainya dengan alasan mereka loncat partai pada Pemilu Serentak 2019, dan maju sebagai caleg dari partai lain, karena tidak dicalonkan kembali oleh partainya semula.

Sedangkan dalam aturan KPU, jika ada anggota dewan yang kembali mencalonkan diri pada pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) 2019 mendatang dengan berganti partai,  maka anggota dewan tersebut harus melampirkan surat pengunduran diri dari partai masing masing.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.