Banner sumsel

Di Baturaja Harga Bawang Meroket

BATURAJA,koranindonesia.id-Harga bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional dalam kota Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU) mengalami kenaikan signifikan.

Bawang merah saat ini rata-rata dijual Rp 48 ribu per kg, dari harga sebelumnya Rp 20 ribu. Sementara harga bawang putih dijual Rp 40 ribu dari sebelumnya 20 ribu per kg.

Indra, pedagang di kawasan Pasar Baru mengatakan meroketnya harga bawang lantaran berkurangnya pasokan dari petani. “Mungkin akibat cuaca yang saat ini, dimana curah hujan masih tinggi,” katanya, ketika ditemui pagi tadi (8/4/2019).

Menurutnya, setiap musim hujan harga  bawang mengalami kenaikan, dikarenakan jumlah produksi (hasil panen) berkurang.

Diakuinya sejak harga melambung, permintaan akan bawang mengalami penurunan, meski tidak terlalu signifikan. “Kalau penurun sudah pasti ada, walaupun tidak terlalu besar. Dengan sendirinya pendapatan kami juga turun. Harapan kita harga bisa kembali normal,” katanya.

Sementara Wati, penjual model di kawasan taman kota Baturaja  mengaku harus mengeluarkan sedikit lebih besar untuk membeli bawang merah dan bwang putih.

Dikatakan, bawang merah  dan putih merupakan bagian terpenting  untuk pembuatan model, dan merupakan penyedap andalan dagangnya.

“Mahal bawangnya, kenaikan sudah terjadi beberapa hari belakangan,”jelas Wati.

Sedangkan untuk harga cabai terbilang cukup murah dibandingkan sebelumnya,  saat ini harga cabai keriting hanya dijual Rp 15 ribu per kg.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.