Di Baturaja APK Bergelantungan di Pohon dan Tiang Listrik

BATURAJA,koranindonesia.Id – Jelang Pemilu 2019, Alat Peraga Kampanye (APK), menghiasi hampir seluruh sudut kota Baturaja. Namun, sayang pemasangnya terkesan sembarangan sehingga merusak keindahan kota.

Seperti di sepanjang Jalan A Yani,banyak APK yang dipasang di pohon dan tiang listrik dan telepon.

Sejumlah warga menyesalkan alat peraga kampanye calon wakil rakyat tersebut dipaku di pohon pinggir jalan. Sebab, praktek tersebut memperlihatkan calon anggota dewan tidak peduli lingkungan.

“Setahu saya, pepohonan merupakan salah satu titik yang dilarang untuk pemasangan alat peraga. Ya, mestinya sadar,” kata Medi, warga Baturaja.

Meskipun yang memaku alat peraga kampanye di pohon pinggir jalan, itu bukanlah calon yang bersangkutan, namun, secara keseluruhan yang bertanggung jawab adalah si calon yang bersangkutan.

Oleh karena itu, warga berharap pihak terkait, baik Bawaslu maupun Sat Pol PP tidak segan menertibkan spanduk-spanduk caleg yang melanggar aturan dan estetika itu.

“Segera ditertibkan dong. Jangan cuma diam dan nunggu laporan saja, itu kan tampak di mata telanjang. Apalagi sudah membuat kesan kota jadi semrawut,” imbuh warga tadi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU, Naning Wijaya menegaskan, bahwa pemasangan alat peraga kampanye di pepohonan, baik di pinggir jalan maupun di tempat lainnya, adalah bentuk pelanggaran.

“Tempat-tempat pemasangan alat peragam kampanye yang tidak diperbolehkan, secara umum yang pertama adalah di pohon-pohon, di rumah ibadah, di sekolah-sekolah, dan kantor-kantor pemerintah,” ucap Naning.

Artinya, tegas Naning, bahwa pemasangan alat peraga kampanye di pohon adalah bentuk pelanggaran Pemilu.

Namun kata dia, ranah untuk penanganan bentuk-bentuk pelanggaran Pemilu sendiri ada di tangan bawaslu.

“Bawaslu bisa merekomendasikan ke kami (KPU,red), atau langsung ke Sat Pol PP untuk menurunkan atau menertibkan alat peraga kampanye yang melanggar tersebut,” jelas Naning. (tin)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.