Banner sumsel

Desember 2018, Pengantin di Palembang dan Lubuklinggau Bakal Terima Kartu Nikah

PALEMBANG,koranindonesia.id–Pasangan pengantin di dua kota wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), akhir tahun 2018 ini yakni di Desember nanti akan mendapat kartu nikah plus buku nikah.
Hal ini diketahui, setelah koranindonesia.id menyambangi Kemenag Kanwil Sumsel, Selasa (27/11/2018).
Kasubbag Informasi dan Humas Kemenag Kanwil Sumsel, H Saefudin Latif menjelaskan, dua daerah di Sumsel yang bakal dilakukan ujicoba pengeluaran kartu nikah di akhir tahun nanti.
“Khusus daerah Sumsel yaitu Palembang dan Lubuklinggau akan kita ujicobakan kartu nikah ini di akhir tahun, yakni Desember nanti. Untuk tanggalnya, belum diketahui kapan namun yang pasti bulan depan akan diujicobakan,” jelasnya.
Dikatakannya, kartu nikah bukan merupakan pengganti buku nikah. Bagi pengantin yang menikah sekitar Bulan Desember mendatang akan langsung mendapat buku nikah dan kartu nikah.
Ki”Kartu nikah ini bukan pengganti buku nikah. Kartu nikah ini merupakan tambahan layanan dari Kemenag. Jadi besok kalau menikah selain dapat buku nikah, akan dapat kartu nikah,” terangnya.
Dalam kartu nikah itu, lanjutnya, sudah memuat data yang sama dengan kartu nikah. Jadi jika ingin kemana-mana seperti ke penginapan atau tempat sejenisnya bisa di gunakan karena mudah dibawa dan dimasukan dompet.
“Jika misal mau ke hotel, bagi yang syar’i kan bisa langsung menunjukkan kartu nikah itu pada petugasnya sebagai tanda kita memang pasangan suami istri. Tentu juga bisa sebagai identitas diri. Kan di dalamnya juga memuat data diri,” ungkapnya.
Untuk prosesnya nanti, kata Saefudin  dinamakan Simkah Web yang merupakan sistem pelayanan yang diberikan kemenag dan bisa diproses online.
“Iya itukan prosesnya mesti via aplikasi Simkah dan terkoneksi dengan dukcapil,” katanya.
Untuk persiapan sudah dianggarkan dari pihak Kemenag Pusat, seperti alat pencetakan dan keperluan lainnya.
“Anggarannya sudah dianggarkan tinggal lagi melengkapi semuanya, mudah-mudahan bisa cepat direalisasikan,”  tutupnya. (den)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.