Dengan Kartu Pekerja, Gaji Buruh DKI Jakarta Setara Rp 4,5 Juta

JAKARTA,koranindonesia.Id-Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal meminta UMP DKI Jakarta tahun 2019 menjadi Rp 4,2 juta setelah Gubernur DKI Anies Baswedan menetapkan UMP DKI yang baru sebesar Rp 3.940.973 dengan menggunakan cara untuk meringankan beban buruh.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan DKI hanya mengikuti PP mengenai UMK, namun Anies memiliki cara untuk meringankan beban yakni dengan menyiapkan kartu pekerja Jakarta yang berfungsi untuk mengurangi biaya hidup.

“Jadi dengan begitu maka pekerja di Jakarta akan bisa dapatkan nilai yang lebih besar dari UMP-nya,” ungkapnya kepada wartawan, di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018).

Dijelaskan Anies yang ditanggung dalam kartu pekerja tersebut meliputi biaya transportasi, biaya pangan hingga biaya pendidikan atau KJP. Dengan demikian, menurut Anies beban biaya hidup bagi para pekerja itu sedikit terkurangi.

“Ya karena itulah kita berikan biaya untuk transportasi, pangan, untuk pendidikan sehingga biaya hidupnya berkurang karena sebagian ditanggung oleh bantuan pemerintah,” terangnya.

Bahkan, Anies menyebut dengan adanya subsidi itu para pekerja bisa mendapat upah senilai Rp 4,5 juta. Dia menambahkan bantuan itu akan sangat membantu bagi pekerja yang sudah memiliki anak.

“Ada infografisnya itu. Nanti terlihat nilai yang didapat pekerja Jakarta itu bisa di atas Rp 4,5 juta. Bahkan bila anaknya dua atau tiga nilai jauh lebih besar karena KJP-nya lebih banyak. Nilai transportasi anak ditanggung juga. Jadi manfaat bagi pekerja yang punya anak, beban hidupnya tinggi dikurangi lewat subsidi ini,” paparnya.

Untuk itu, Anies meminta setiap asosiasi atau federasi pekerja untuk mendata nama-nama para pekerja yang masuk organisasinya. Dengan demikian akan lebih mudah bagi Pemprov DKI menyalurkan kartu pekerja Jakarta.

“Pokoknya begitu nama dapat kita mulai, langsung kita siapkan pada tanggal 15 November 2018 ini,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.