Dema Fisip UIN Raden Fatah Gelar Pelatihan Menulis Karya Ilmiah

PALEMBANG,Koranindonesia.id-Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah Dema  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) UIN Raden Fatah  menggelar workshop karya tulis ilmiah di aula Fakultas Adab dan Humaniora, Kamis (12/4).

Workshop yang bertema “Membuat Karya Ilmiah Dalam Satu Jam”  diikuti sekitar 100 mahasiswa tingkat awal dilingkungan Fisip dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Fisip Dr. Kun Budiato  dengan menghadirkan pembicara Dr. Maulana, MM dari Universitas Taman Siswa Palembang yang memberikan materi tips dan trik menulis Karya Ilmiah.

“Acara ini bagus bagi mahasiswa awal untuk memacu mahasiswa dalam menambah pengetahuan dan semangat dalam menulis karya ilmiah dan juga  memotivasi semester atas untuk segera menulis karya ilmiah mereka,”kata Dr. Kun.

Sementara itu, Dr. Maulana  mengapresiasi kegiatan ini karena jarang sekali mahasiswa melakukan kegiatan yang bersifat ilmiah apalagi dilakukan oleh mahasiswa semester awal. Dia memotivasi agar mahasiswa sejak dini mempersiapkan diri untuk bisa menulis karya ilmiah karena mau tidak mau  mahasiswa pasti akan dihadapkan dengan menulis karya ilmiah.

“Saya memotivasi mahasiswa jangan pernah berhenti belajar dan jangan pernah menunggu untuk belajar,kalau bisa belajar sejak awal mengapa harus menunggu diakhir nanti,”ujarnya

Maulana memberikan trik yaitu dengan memulai menulis dengan hal yang umum dulu tapi tentukan sasarannya, lalu mulai mengumpulkan dan menuliskan data, dan menguraikan data sehingga mengerucutkan isinya, terakhir membuat kesimpulan dan saran.

Ketua Pelaksana, Resky Aprizi mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa akan pentingnya belajar menulis karya ilmiah. Dia  juga menyayangkan masih banyak mahasiswa yang kurang mengapresiasi kegiatan ini. Sebab panitia menargetkan peserta dari lingkungan Fisip baik dari  Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik  sekitar 200 orang namun yang mengambil bagian  hanya sekitar 100 orang.

“Semoga kedepan kegiatan ini terus berlanjut dan kami mengharapkan seluruh mahasiswa lebih berpartisipasi lagi,”harapnya.

Salah satu peserta, Muhamad.Ridho  dari Ilmu Komunikasi mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa,dengan ada kegiatan ini mahasiswa mampu menambah pengetahuan serta wawasan akan pentingnya belajar menulis karya ilmiah,dan berharap kegiatan ini tidak terjadi satu kali saja namun dibuat dalam bentuk program kegiatan fakultas setiap semester. (ard/fir)

 

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.