Banner sumsel

Deklarasi Damai, Money Politik dan Isu SARA Jadi Perhatian

LAHAT,  koranindonesia.Id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lahat menggelar deklarasi damai. Deklarasi ini diikuti 16 Partai Politik (Parpol), Kamis (4/10/2018).

Ketua KPU Lahat,  Samsulrizal Nusir berharap melalui deklarasi damai ini ada komitmen dari peserta pemilu dalam mewujudkan Pemilu yang damai,  aman,  jujur,  adil dan mematuhi semua ketentuan yang ada.

Dirinya meminta agar semua peserta bisa berkampanye dan merebut simpati rakyat dengan tidak melakukan politik uang, politik SARA,  menyebarkan informasi hoax dan hal lain yang bisa mencederai pelaksanaan pemilu.

“Pilkada Lahat yang lalu bisa menjadi pengalaman bersama.  Jangan sampai ada politik uang, SARA karena kita ingin  mewujudkan pemilu yang berintegritas, “tegas Samsurizal, saat sambutan deklarasi kampanye damai.

Senada,  Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah,  meminta agar semua peserta mematuhi semua aturan yang ada.  Lebih dalam Andra berharap penyelenggara pemilu mampu mempertahankan integritasnya. Jangan sampai penyelenggara mau diiming- imingi suap,  mau diintervensi pihak manapun yang melanggar hukum.

“Kepada penyelenggara mari kita sama-sama jaga integritas dan netralitas kita,”tegas Andra,  dihadapan anggota Parpol peserta deklarasi.

Sementara,  Kapolres Lahat,  AKBP Roby Karya Adi,  SIK mengajak semua pihak bisa menjaga Kamtibmas ditengah masyarakat. Jangan ada yang ‘memancing’ terjadinya kisruh dengan menyebar informasi hoax,  politik SARA dan politik uang.

Dikatakan Roby,  pemilu baik Pileg maupun Pilpres tidak boleh memecah belah persaudaraan hanya karena beda pilihan.  “Mari kita jaga ketertiban.  Dan kami siap menyukseskan dan mengamankan jalannya Pemilu, “tegasnya.

Ditempat yang sama,  Bupati Lahat,  Marwan Mansyur,  SH MM menuturkan pemilu merupakan pesta demokrasi bagi rakyat dan diperuntukkan untuk rakyat.  Lahat selama penyelenggaraan Pemilu berjalan baik dan kondusif meski pada Pilkada Juni 2018, ada sedikit persoala, namun hal itu bisa diselesaikan sehingga melahirkan Bupati dan Wakil Bupati Lahat terpilih.

Sementara,  dalam deklarasi damai dari 16 Parpol satu Parpol,  yakni PSI tidak hadir.  PSI sendiri tidak mengusulkan caleg untuk pelaksanaan Pileg 2019 mendatang. (Sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.