Banner sumsel

Darmin : Sistim Logistik Indonesia Masih Tertinggal Dari Negara Lain

JAKARTA,koranindonesia.Id-Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengumpulkan para pengusaha logistik untuk membahas sistem logistik Indonesia, karena dinilai masih tertinggal dari negara lain.

Darmin mengatakan pertemuan yang dilakukan untuk meminta masukan dari para pelaku usaha masalah urusan logistik tidak bisa dilepaskan dari ketersediaan infrastruktur yang ada sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan logistik.

“Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu faktor penting, bukan satu-satunya, salah satu faktor penting dalam memajukan dan mengefisienkan sistem logistik kita,” ungkapnya usai menggelar pertemuan kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Ditambahkan Darmin di Asean sistem logistik nasional bila dilihat dari Logistics Performance Index maka Indonesia masih ketinggalan dibandingkan nagara lain di Asean. Peringkat Indonesia masih lebih rendah dari Malaysia, Thailand, bahkan Vietnam.

Untuk itu, bersama para pelaku usaha logistik Darmin ingin mempelajari agar sistem logistik di Indonesia lebih efisien.
“Ini bagian yang kita sedang pelajari betul untuk mengefisienkan, syukur-syukur tentu saja bisa mendorong lahirnya suatu sistem logistik yang lebih multimoda, pilihannya lebih banyak,” terangnya.

Darmin menjelaskan pemerintah sudah  berupaya mendorong hal tersebut. Hal itu tercermin dari naiknya Logistics Performance Index dalam beberapa tahun belakangan walaupun itu belum begitu memuaskan.

“Logistics Performance Index kita itu dari berbagai negara dunia, kita 2016 ranking 63, 2018 meningkat cukup cepat jadi 46. Naik 17 peringkat dalam 2 tahun, inilah yang harus kita tingkatkan lagi untuk kedepannya,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.