Daerah Sambut Pilkada Serentak

LUBUKLINGGAU,koranindonesia.id– H-1 Sejumlah daerah sudah mempersiapkan semua hal terkait dengan pemilihan kepala daerah di Sumatra Selatan. Hal itu terpantau di Kabupatan Ogan Ilir dan Kota Lubuklinggau.

Seperti di Kota Lubuklinggau, sedikitnya 320 petugas gabungan siap melakukan pengamanan Pilkada Serentak.  Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar mengatakan apel pergeseran kali ini dalam rangka proses pengamanan untuk pelaksanaan pilkada di Kota Lubuklinggau.

“Untuk anggota yang terlibat dalam operasi mantap Praja kali ini sebanyak 320 personil, dan brimob satu SSK,”Katanya, Selasa (26/06).

320 anggota tersebut terbagi dari pengawalan logistik dan surat suara dari KPU ke PPK, pengawalan dan pengamanan  surat suara dari PPK ke PPS,  pengawalan surat suara dari PPK Ke KPU mulai Rabu (27/06) sampai 09 Juli mendatang.

“Sementara untuk pengamanan di TPS kita menyiagakan 206 anggota yang tersebar di delapan kecamatan,”Ujarnya.

Sunandar menegaskan yang jelas pasca adanya apel pergeseran pasukan,  maka secara otomatis pengawalan sudah melekat melakukan pengawalan logistik sampai selesai.

“Betul-betul dijaga, dalam proses ini semua pihak terlibat baik keamanan dan para penyelenggara, sehingga tidak ada lagi hal-hal yang mencurigai satu sama lain,” kata dia.

Ditambahkan Sunandar  akan memberikan jaminan kepada keamanan dan kepada penyelenggara, dan meminta apabila ada ancaman-ancaman yang bersifat membahayakan segera melapor.

“Untuk itu kita mengingat jangan sampai ada yang mencoba untuk mengancam. Berkerja dengan baik, biarkan takdir tuhan yang menentukan,”Pungkasnya.

Sementara Pemkab Ogan Ilir (OI)  menerjunkan 75 orang petugas didesk pilkada yang dibagi perkecamatan. Hal itu dikatakan Kepala Kesbangpol OI Wilson Efendi  Pemkab OI dalam pilkada ini bukan pelaksana langsung,memang dalam surat edaran mendagri di setiap pemilihan kepala daerah dan legislatif, pilgub,  pilbub desk pilkada tugasnya memonitoring pelaksanaan, dengan leading sektor di Kesbangpol.

“Kita bentuk 75 orang desk pilgub untuk disebar di setiap kecamatan dari seluruh SKPD. Bahkan kita juga buat grup desk pilkada.  Diposko deskpilgub kita siapkan  di guest house dengan  17 komputer online internet. Tugas personil desk pilkada yaitu tanggal 26-28 Juni.  Dan hasil laporannya ke desk pilgub di Provinsi Sumsel,”jelasnya.(San/Snd)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.