Banner Pemprov Agustus

Cetak Tenaga Kerja Terampil,  Pemprov Sumsel Akan Berangkatkan Peserta Magang ke Jepang

PALEMBANG,koranindonesia.id–: Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya  mengharapkan 283  para calon peserta magang ke Jepang tanun 2022 asal Sumsel  dapat bersaing secara sehat pada  seleksi daerah dan seleksi nasional yang digelar oleh  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia  dan Internasional Manpower Development Organisation (IM Japan).

“Para peserta seleksi  harus  jaga sikap disiplin dan  fokus, karena seleksi ini juga diikuti ara peserta bukan hanya dari Sumsel tetapi juga secara nasional,”  harap Mawardi Yahya  saat membuka secara resmi jalannya Seleksi Nasional Pemagangan ke Jepang yang dilaksanakan  di Gor Dempo Jakabaring Sport City  (HSC) Palembang, Senin (29/8).

Menurut Wagub  program pemagangan yang dilaksanakan  merupakan salah satu cara Pemprov Sumsel dalam mencetak tenaga kerja  terampil yang nantinya akan berimbas pada  berkurangnya  pengangguran di Sumsel.

“Atas nama Pemprov Sumsel  tentu kami sangat berterimakasih karena  telah memberikan kesempatan pada calon peserta magang asal Sumsel. Semoga nantinya mereka bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan membuat usaha sendiri setelah selesai magang nantinya,” imbuh  Wagub.

Menurutnya, program  magang  menjadi   peluang emas bagi para calon tenaga kerja muda di Sumsel.

“Manfaatkan  kesempatan emas ini, bagi mereka yang lulus nantinya pada tahapan akhir bisa beradaptasi dengan kondisi negara tujuan  dan setelah kembali  dapat membangun daerah,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPP Ikatan Pengusaha Keshusei Indonesia (IKAPEKSI), Edi Waryono menuturkan para peserta calon magang di Jepang tahun 2022 akan mengikuti seleksi Daerah di Palembang dan Nasional di Bekasi masing-masing 2 bulan lamanya.  Sedangkan IKAPEKSI  tegas dia, sebagai   penyelenggara dalam pelaksanaan seleksi daerah selama di Palembang.

“Peserta   akan mengikuti beberapa seleksi diantaranya  tingkat daerah dan nasional dengan bermacam test, mulai tari tes akademik, tes fisik, tes psikologi, tes wawancara dan akan mengikuti les bahasa Jepang sebelum berangkat pun mereka telah mendapatkan ilmu dan pengalaman,” kata Edi.

Ditempat yang sama  Wakil Direktur Internasional Manpower Development Organisation (IM Japan), Pujita Singgoh menyebutkan program Magang ke Jepang telah lama dilaksanakan Kemenaker  dan IM Japan sejak 1993 dan menghasilkan alumni sebanyak 5000 yang tersebar di Indonesia.

“Program ini telah dua puluh sembilan tahun  berlangsung yang telah menghasilkan alumni yang telah sukses dengan usahanya masing-masing total  5 ribu  alumni yang berasal dari Indonesia,” kata Pujita.

Dia menuturkan para peserta yang lulus akan diberangkatkan pada tahun 2023 dan siap akan mengikuti  kegiatan magang selama 5 tahu di Jepang

“Peserta yang telah lulus   berangkat sekitar bulan Aprli atau Juli tahun 2023 akan ditanggung perusahaan selama di Jepang 5 tahun, 3 tahun pertama kemudian akan di pulangkan  ke Indonesia lalu sisa 2 tahun lagi akan diberangkatkan kembali,” tandasnya.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.