Banner sumsel

Cegah Rabies, 1.200 Dosis Vaksin Siap Disebar

LAHAT, koranindonesia.id – Bidang Kehewanan, Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan (Sumsel) menyiapkan, 1.200 dosis vaksin, untuk disalurkan ke seluruh hewan jenis anjing dan kucing milik masyarakat Kabupaten Lahat.

Hal ini diungkapkan Kabid Keswan Lahat, Nursiwan. Menurutnya, kendati Lahat bukan termasuk wilayah endemik penyakit rabies, pihaknya akan terus melakukan pengontrolan.

Mengingat, beberapa wilayah seperti di Kecamatan Muara Payang, Tanjung Sakti, Jarai, dan Kota Agung, hewan jenis anjing banyak dipelihara masyarakat sebagai penjaga kebun.

“Pencegahan penyakit rabies pada anjing, tetap mengandalkan vaksinasi. Belum kita temukan ada anjing yang positif rabies, kalaupun ada tetap diberikan vaksin. Karena aturan perlindungan hewan, tidak memperbolehkan untuk dilakukan eliminasi atau dibunuh,” ujar Nursiwan, Senin (5/11/2018).

Bukan hanya mengontrol hewan peliharaan masyarakat, pengontrolan terhadap anjing liar juga dilakukan. Guna meningkatkan kewaspadaan akan munculnya gigitan anjing yang menyebabkan penyakit rabies pada manusia. Selain itu juga untuk mengontrol populasi anjing liar, yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

“Paling tidak tiap enam bulan sekali, atau setahun satu kali. Belum ada laporan kejadian gigitan anjing rabies. Kita ingatkan kepada pemilik hewan untuk tidak lupa vaksin, bisa datang langsung ke kantor. Stok vaksin kita cukup banyak,” tandas Dokter Hewan pada Distan Lahat, drh Hida.

(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.