Cegah Penyakit Maag dan Diare Pasca Lebaran, Ini Tipsnya

PALE‎MBANG, koranindonesia.id – Sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya dalam menyambut bulan penuh berkah bagi umat Islam yakni hari raya Idul Fitri, di mana pada perayaannya masyarakat Palembang menyajikan berbagai macam makanan pedas, santan, serta minuman yang bersoda baik untuk pribadi, keluarga maupun tamu yang datang bersilahturahmi.

Untuk itu kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Letizia, pihaknya memprediksi bahwa akan ada lonjakan pasien baik di Puskesmas maupun di rumah sakit yang mengalami sakit maag dan diare pasca lebaran.

Betapa tidak, pada masa ini kebiasaan masyarakat Kota Palembang untuk mengkonsumsi makanan pedas, asam, bersantan hingga minuman bersoda pun bertambah.

“Biasanya begitu. Karena waktu lebaran itukan, masyarakat banyak makanan pedas dan santen. Belum lagi, minumannya bersoda,” katanya, Senin (11/6/2018).

Selain itu, Letizia menambahkan, ada faktor lain yang menyebabkan lonjakan pasien pasca lebaran. Hal ini dilatari oleh penundaan cek kesehatan oleh masyarakat bahkan menahan rasa sakitnya saat lebaran.

“Mana ada yang mau sakit atau berobat saat lebarankan. Jadi setelah lebaran mulai ramai. Kalau di puskesmas biasanya ada 50-100 pasien ya. Sesudah lebaran, biasanya meningkat 70-150 pasien perharinya ya. Rata-rata ya,” ujarnya.

Untuk menghindari sakit usai merayakan hari raya. Letizia sedikit membaikan tips kepada masyarakat. Menurutnya, selama merayakan hari raya, jangan memakan makanan bersantan dan pedas secara berlebihan. Termasuk minuman bersoda secara berlebihan.

“Boleh, tapi jangan berlebihan sewarjarnya saja,” jelasnya.

Letizia menerangkan, bila memakan makanan tersebut secara berlebihan, akan berpengaruh kepada kondisi lambung dan pencernaan. “Bisa maag, ulu hati hari pedih, mual muntah, diare. Jadi harus dibatasi,” tukasnya.

Diketahui, selama libur lebaran yang cukup panjang masih ada 33 rumah sakit yang di kota Palembang tetap akan buka selama 24 jam. Sementara 41 puskesmas, hanya tutup saat hari raya. (Sen)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.