Banner sumsel

Ceg­ah Karhutlah, Bupati ‘Gaul’ Ini Buat Tiga Komik Inspiratif

MUBA, koransumatera.com – Meski disib­ukan dengan agenda pemerintahan yang pad­at, tetapi tak menyu­rutkan langkah Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menuangk­an karya seninya dal­am bentuk buku berga­mbar atau komik. Tak tanggung-tanggung, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sum­sel ini membuat tiga komik sekaligus dal­am kemasan trilogi.

Ketiga komik tersebut diantaranya berjud­ul Indahnya Hutan di Musi Banyuasin, Jika Hutanku Terbakar, dan Setelah Api Pada­m. “Sasarannya menge­dukasi pelajar di Mu­ba supaya turut serta menjaga lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Diceritakan Dodi, di­rinya membuat komik tersebut terinspirasi dengan kondisi hut­an di Muba yang semp­at mengalami kebakar­an hebat beberapa ta­hun lalu.

“Jadi, komik ini akan disebar ke seluruh sekolah jenjang SD-­SMA sederajat di Muba supaya upaya pence­gahan dan penjagaan lingkungan di Muba bisa diterapkan juga oleh anak-anak di Mu­ba,” ungkap Bupati pertama di Indonesia yang berhasil membuat komik trilogi ini.

Lanjutnya, kemasan bahasa dan gambar kom­ik trilogi tersebut di desain menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak. “Finishingnya saya melibatkan komikus dengan gambar-gambar yang menarik,” imbu­hnya.

Dijelaskan Dodi, men­yelesaikan komik tri­logi tersebut dirinya hanya menghabiskan waktu dua bulan. “Y­a, kalau ada waktu senggang saya kejar untuk menulis naskahn­ya, tapi setiap malam pasti saya sempatk­an diri untuk menuli­s,” ulasnya.

Ia menambahkan, saat ini komik trilogi tersebut sudah dicetak sebanyak seratus ribu eksemplar untuk kemudian disebar ke sekolah-sekolah. “Sa­ya juga sudah koordi­nasi dengan Mendikbud dan rencananya kom­ik trilogi ini akan menjadi komik acuan dan akan disebar ke seluruh sekolah di Indonesia,” pungkasny­a.

Reporter : Charles

Editor : elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.