Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Catat, Wamenag Bilang Pelaksanaan Ibadah Haji 2021 Belum Pasti

JAKARTA, koranindonesia.id – Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, menegaskan, bahwa sampai saat ini belum ada kepastian untuk pemberangkatan haji. Hal ini dikarenakan pemerintah Arab Saudi juga belum memberikan kepastian.

“Saya sering ditanya kepastiannya kapan. Saya hanya bisa jawab. Yang tahu hanya ada dua. Allah dan Raja Arab,” kata Zainut saat menjadi nara sumber pada acara Diskusi Empat Pilar MPR RI dengan tema *”Menanti Kepastian Pemberangkatan Haji 2021″, di Komplek Parllemen Senayan, Jumat (9/4/2021).

“Lalu pertanyaannya, apa pemerintah, dalam hal Kemenag diam saja? ” Dikatakan Zainut, tentunya tidak. Pihaknya sudah melakukan ikhtiar, di antaranya dengan cara meloby. Baik bertemu secara langsung dengan dubes Arab Saudi, atau dengan cara lainnya. Namun, memang belum mendapatkan kepastian untuk elaksanaan ibadah haji tahun 2021.

Namun begitu, Zainut mengaku tetap merasa optimis bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 ini bisa diselenggarakan. Sebab, aspek persiapan yang dilakukan pemerintah sudah lebih dari cukup.

Termasuk mengantisipasi soal vaksin yang distandardkan pemerintah Arab Saudi mengikuti aturan WHO.

Begitu juga soal pandemi Covid-19. Indonesia dan Arab Saudi sama-sama sudah melandai. “Kalau kita lihat di tayangan langsung siaran langsung ibadah tawaf, juga ibadah-ibadah umroh itu banyak, tapi memang masih dilakukan oleh penduduk setempat, belum di buka penerbangan langsung dari berbagai negara ke Arab Saudi, ” katanya.(Mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.