Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Catat…Bahaya Tidur Setelah Sahur

 

Jakarta, Koranindonesia.id– . Selama menjalani puasa jangan pernah skip yang namanya sahur ya. Menu sahur juga wajib mengandung sumber energy yang cukup seperti karbohidrat, lemak, dan protein agar kadar gula stabil selama puasa. Biasanya sehabis sahur, karena belum melakukan aktivitas lainnya sehingga kantuk tak tertahankan, dan melanjutkan untuk tidur lagi Eits, hati-hati! Ternyata, tidur sehabis sahur sangat berbahaya bagi tubuh kita. kali ini kita akan bahas apa saja bahaya tidur setelah sahur bagi tubuh dan kesehatan kita.

1. GERD atau Gastroesophageal reflux disease merupakan sebuah penyakit kronik yang terjadi pada sistem pencernaan. Ini terjadi ketika asam lambung naik kembali ke esofagus (kerongkongan) dan menyebabkan terjadinya iritasi pada esofagus. Dilansir oleh Klikdokter saat asam lambung atau makanan naik kembali ke kerongkongan, umumnya penderita mengalami sensasi terbakar atau panas di dadanya. Seseorang dapat mengalami GERD ringan setidaknya 2 kali dalam seminggu dan GERD sedang sampai berat setidaknya 1 kali dalam seminggu.
2. Kadar gula naik, yang bisa menimbulkan penyakit diabetes. Hal ini dipicu oleh kebiasaan buruk kita yang langsung tidur sehabis makan akibatnya lemak di dalam tubuh menumpuk.
3. Sembelit. Ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan saat melakukan Buang Air Besar (BAB) Perubahan kebiasaan, misalnya perubahan jam makan, perubahan jam tidur. Jadi biasakan sehabis sahur aktifkan gerak tubuh kalian agar tidak mengganggu sistem pencernaan kalian ya.
4. Liver terganggu. Hal ini disebabkan karena saat kita tidur, organ yang dalam tubuh kita bekerja dengan lambat, begitu juga dengan usus dan lambung kita. akibatnya adalah makanan tidak bisa dicerna dengan baik akan dimakan oleh bakteri buruk. Bakteri buruk itu menghasilkan zat asam nitrit yang bersifat sangat asam ya. asam nitrit itu beracun dan berbahaya untuk liver
5. Menaikkan berat badan. Nah, buat yang selalu menjaga kestabilan berat badan perhatikan ini ya. sehabis sahur langsung tidur, membuat tubuh menimbun lemak karena Anda tidak memberikan kesempatan untuk membakar kalori yang masuk. Apalagi pernah memiliki riwayat berat badan atau memiliki turunan dengan badan obesitas dan punya kebiasaan tidur setelah makan akan berkali-kali lipat berisiko mengalami kelebihan berat badan.

Nah, buat kalian yang suka tidur sehabis sahur, jangan dilakukan lagi. kalian bisa melakukan aktivitas ringan seperti mengaji, membaca buku, olahraga ringan atau aktivitas ringan lainnya selama menunggu waktu sholat subuh. Buat yang mengalami gejala di atas dan merasa khawatir kalian dapat konsultasikan dengan dokter ya. (tan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.