Banner sumsel

 Cara untuk Menjaga Tauge Tetap Segar dan Tahan Lama

PALEMBANG, Koranindonesia,id – Pernah nggak Anda terpaksa membuang taoge yang tak sempat diolah? Memang untuk taoge ada baiknya untuk segera diolah atau dimasak karena sifatnya yang gampang busuk. Sayang kan kalau taoge yang sebenarnya masih bagus tapi harus dibuang karena terlambat mengolahnya. Taoge termasuk sayuran yang banyak dipilih, karena bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat, dari mulai tumisan, urap, aneka sayur, lalapan dan lainnya. Taoge termasuk sayuran yang mudah busuk, untuk itu sangat dianjurkan segera diolah menjadi masakan.

Tauge salah satu sayuran yang paling saya sukai. Bahkan saya sering membelinya langsung dalam jumlah banyak saat belanja ke pasar. Niatnya sih untuk jadi persediaan. Tapi ternyata, tauge tidak dapat disimpan dan harus langsung dimasak. Alhasil, banyak tauge yang terbuang karena tidak termakan.

Penasaran bagaimana cara menyimpan taoge agar kesegarannya terjaga? Kita akan membagikan tips dan triknya untuk kalian semua. Simak langsung yuk, cara menyimpan taoge yang benar agar awet segarnya berikut ini seperti dilansir dari laman dapurlagi.blogspot.com :

•    Bersihkan taoge dari ekor dan tumpi kepala

Akar dan tumpi kelapa taoge merupakan bagian yang mempercepat proses pembusukan. Untuk itu, sebelum disimpan, pastikan Anda bersihkan akar dan juga tumpi kepala taoge.

•    Siapkan wadah tertutup dan tissue dapur

Langkah selanjutnya adalah siapkan tissue dan wadah tertutup yang kering. Lalu masukkan taoge kedalam wadah tanpa dicuci lebih dulu ya! Mencuci taoge hanya akan membuat tauge lebih mudah busuk saat disimpan.

•    Tambahkan bawang putih

Sebelum menutup wadah penyimpanan taoge, Anda bisa menambahkan 2-3 siung bawang putih kupas kedalamnya. Bawnag putih berfungsi sebagai antibakteri yang mencegah taoge dari busuk.

•    Rendam dalam air

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan merendam taoge dalam air, kemudian tambahkan irisan jeruk nipis agar taoge terjaga kesegarannya dan aromanya tidak berubah.

•    Bisa dimasukkan kantong plastic

Jika Anda ingin menyimpan taoge dalam kantong plastic dalam kulkas juga tak mengapa, akan tetapi pastikan buka/sobek plastiknya agar ada sirkulasi udara. Tauge yang terbungkus rapat akan membuat uapnya tidak bisa keluar dan inilah yang menyebabkan busuk.

•    Simpan dengan bungkus Kertas

Cara lain yang mudah adalah dengan membungkus taoge menggunakan kertas. Kadar air yang tinggi membuat taoge basah dan cepat layu/busuk. Kertas bisa membantu menyerap kadar air dari taoge sehingga tetap kering dan awet/tidak mudah busuk. Setelah dibungkus kertas, Anda bsia memasukkan dalam kantung plastic dan menyimpannya dalam kulkas.

Mau memilih cara yang mana untuk menyimpan taoge? Pilih mana saja yang menurut Anda mudah dan tidak ribet. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (nnn)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.