Banner sumsel

Cara Praktis Menghilangkan Noda Di Plafon Mobil

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Plafon mobil adalah bagian yang sering kali luput dibersihkan karena berada di atas mobil. Plafon atau langit-langit mobil sering kali terabaikan kebersihannya, padahal tanpa disadari, ketika Anda membuka kaca pada mobil, secara otomatis plafon terkena debu dari luar kaca dan akhirnya meninggalkan debu ataupun kotoran.

Plafon perlu dibersihkan, karena jika dibiarkan begitu saja, lama-lama warna plafon akan terlihat kusam dan tidak enak dipandang. Membersihkannya pun tidak bisa sembarangan, harus memiliki cara khusus juga. Jangan sampai Anda berniat membersihkannya, tapi hasilnya kotor. Berikut ini beberapa langkah membersihkan plafon mobil dengan  mudah Seperti dilansir dari laman belionderdil.co.id

Menggunakan Cairan Pembersih Fabric

Siapkan cairan pembersih fabric yang dapat Anda temukan dengan mudah. Cairan ini terbuat dari kulit hewan yang bermanfaat untuk membersihkan noda pada plafon.

Kain yang Halus

Setelah cairan fabric, Anda juga memerlukan kain yang halus untuk mengusapkan cairan fabric ke plafon mobil. Salah satu kain yang bisa Anda gunakan adalah kain microfiber, karena kain ini tidak akan merusak plafon mobil.

Air

Untuk membersihkan plafon mobil, anda juga memerlukan air supaya bersihnya lebih maksimal.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa membersihkan noda kuning di plafon mobil dengan cara sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan ialah membasahi kain microfiber dengan sedikit air, namun jangan terlalu basah. Peras kain tersebut hingga airnya tidak menetes lagi. Hal ini tentu bertujuan agar plafon mobil tidak menjadi lembab, karena plafon yang masih lembab dapat bisa memicu berkembangnya bakteri yang akan berdampak pada kerusakan komponen.
  2. Ketika ingin membersihkan noda kuning yang menempel pada plafon menggunakan kain, Anda perlu mengusapkain kain tersebut ke noda kuning secara perlahan agar plafon mobil tidak mengalami kerusakan.
  3. Jika noda yang menempel pada plafon mobil merupakan noda yang membandel atau sulit untuk dihilangkan, Anda dapat membersihkannya menggunakan cairan fabric. Lakukan cara tersebut dengan menyemprotkan cairan fabric ke kain lalu usapkan ke plafon mobil. Perlahan, noda yang menempel tentu akan hilang.
  4. Terdapat satu hal yang perlu Anda ketahui ketika menggunakan cairan fabric. Anda perlu lebih berhat-hati dalam proses pembersihan apabila plafon mobil Anda terbuat dari bahan serat. Kain plafon tentu dapat mengalami kerusakan ketika Anda membersihkannya terlalu keras. Ketika membersihkan dengan mengusapkan kain, Anda bisa mengikuti arah serat dari plafon itu sendiri. Plafon dapat terlihat lebih bersih, rapi dan pastinya tidak rontok.
  5. Anda juga perlu mengetahui bahwa noda kuning tidak disarankan untuk dibersihkan menggunakan vacuum cleaner karena dapat membuat plafon mobil menjadi kendur.
  6. Hindari penggunaan sikat untuk membersihkan plafon mobil sebab dapat merusak komponen terrsebut. Tak hanya itu, Anda juga perlu menghindari berbagai hal yang bisa membuat mobil atau plafon menjadi kotor, yaitu seperti merokok di dalam mobil, asap rokok tersebut dapat menimbulkan noda pada plafon mobil.
  7. Anda juga perlu hindari memarkir mobil di bawah paparan sinar matahari langsung, pilih tempar parkir yang terlindung dari sinar matahari. Sebab panas matahari juga dapat merusak plafon mobil, serat plafon dapat rontok karena terserap panas matahari dari atap mobil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghindari kebiasaan buruk agar plafon mobil dapat bertahan lama atau awet dan juga bersih.

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui tentang penyebab dan cara menghilangkan noda kuning pada plafon mobil. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.