Banner sumsel

Cara Nyaman Ketika Bekerja Berjam-jam Menghadap Komputer Setiap Hari

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Anda bekerja berapa jam sehari untuk bekerja di kantor? Pekerja kantoran di Indonesia umumnya memiliki jam kerja sebanyak 40-45 jam tiap minggunya atau sekitar 8-9 jam per harinya apalagi berhadapan dengan di depan kantor. Belum lagi jika harus lembur, semakin banyak waktu yang kita habiskan di kantor. Coba ingat-ingat lagi, dalam jangka waktu 8-9 jam tersebut, sesering apa sih Anda beristirahat? Memang pekerjaan adalah tanggung jawab, tapi jangan sampai Anda mengesampingkan kesehatan tubuh dan mental Anda, ya! Jika terus-terusan bekerja tanpa beristirahat, siap-siap saja, akan ada banyak penyakit yang mengintai Anda. Selain kesehatan mata dan kesehatan tulang yang akan terganggu, kesehatan mental pun dapat terkena dampaknya. Dirangkum dari sejumlah sumber seperti dari laman herworld.co.id, berikut  tips buat mengelola tempat kerja sehinga menjadi nyaman, atau bahkan bisa jadi lebih produktif sebagai berikut:

1. Posisi layar komputer

Posisikan layar monitor sejajar dengan pandangan dan jarak yang sesuai. Serta sisakan ruang di sekitarnya untuk menyusun alat tempur kerja lainnya.

2. Sediakan tempat sampah

Meski tampak sepele, tapi semua yang ada di sekitar ruang kerja bisa jadi memengaruhi mood dalam bekerja. Salah satunya, termasuk keberadaan tempat sampah. Sebisa mungkin, pastikan tempat sampah berada tepat di samping meja kerja, sehingga tumpukan kertas yang sudah tak terpakai bisa sesegera mungkin dibuang.

3. Peralatan kerja

Di samping itu, yang tak kalah penting, adalah mengganti segera alat tulis yang sudah lewat masa fungsinya dan isi kembali sesuai dengan kebutuhan kamu. Letakkan dalam satu kotak yang mudah dijangkau.

4. Surat elektronik

Jika tidak terlalu membutuhkan hardcopy, manfaatkan email dan memo di komputer atau laptop. Apa manfaatnya? Kamu bisa mengurangi sampah kertas.

5. Sticky notes

Sediakan papan kecil untuk menempelkan sticky notes dan posisikan di tempat yang mudah terlihat, sehingga tidak perlu memenuhi layar monitor atau mengotori dinding.

6. Penghias

Jika kamu menyukai hiasan untuk memperindah meja, minimalkan barang-barang pribadi berada di atas meja agar tidak terlalu penuh dan berdebu.

7. Jadwal rutin

Sediakan jadwal khusus untuk merapikan meja minimal seminggu sekali. Semakin sering kamu bekerja, maka semakin banyak “penghuni” yang membuatnya berantakan. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.