Cara Mudah untuk Merawat Pakaian Lebih Tahan Lama

Fajar Eka Putra

Pakaian

koranindonesia.id – Pakaian adalah investasi, tetapi sering kali kita lupa untuk merawatnya dengan baik, menyebabkan kita harus menggantinya lebih cepat daripada yang seharusnya. Namun, dengan sedikit perhatian ekstra dan praktik yang tepat, kita dapat memperpanjang umur pakai pakaian kita sambil membantu menjaga lingkungan. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk merawat pakaian dengan baik:

” Baca Juga: Jenis-Jenis Gaya Fashion yang Sering Digunakan oleh Wanita “

Kurangi Frekuensi Mencuci

Salah satu cara terbaik untuk menjaga pakaian agar tahan lama adalah dengan mengurangi frekuensi mencucinya. Terlalu sering mencuci baju dapat merusak seratnya, menyebabkan baju menjadi kusam dan aus lebih cepat. Jika pakaianmu tidak terlalu kotor, pertimbangkan untuk menggantung dan menganginkannya di udara segar sebagai alternatif untuk mencucinya setiap kali.

Gunakan Air Bersuhu Rendah

Saat mencuci pakaian, perhatikan suhu air yang digunakan. Menggunakan air bersuhu rendah dapat membantu menjaga kelembutan kain dan mencegah warnanya memudar terlalu cepat. Ini juga membantu mengurangi jejak karbon dari proses pencucian, menjadikannya pilihan yang lebih ramah lingkungan.

Perhatikan Label Perawatan

Setiap pakaian memiliki label perawatan yang memberikan petunjuk tentang cara terbaik untuk merawatnya. Penting untuk memperhatikan label ini dan mengikuti instruksi yang disarankan. Setiap bahan pakaian mungkin membutuhkan perlakuan yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca dan mengikuti panduan yang sesuai.

Hindari Dry Cleaning Berlebihan

Metode pembersihan kering dapat berdampak buruk pada lingkungan karena bahan kimia yang digunakan dalam prosesnya. Oleh karena itu, hindari membersihkan baju menggunakan metode dry cleaning secara berlebihan. Lebih baik untuk mencari alternatif pembersihan yang ramah lingkungan atau hanya membersihkan pakaian tersebut ketika benar-benar diperlukan.

Baca Juga:   Cara Membedakan Sepatu KW dan Original: Panduan Praktis

Pilih Deterjen Ramah Lingkungan

Pemilihan deterjen juga dapat memengaruhi keberlanjutan lingkungan. Gunakanlah deterjen yang ramah lingkungan untuk mencuci pakaianmu. Bahan-bahan yang lebih alami dan bebas dari zat kimia berbahaya akan membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

” Baca Juga: Game Teka Teki Untuk Mengasah Otak “

Dengan menerapkan tips-tips sederhana ini, kita dapat menjaga pakaian kita agar tetap awet dan tahan lama, sambil membantu menjaga kelestarian lingkungan. Jadi, mulailah untuk mempraktikkan perawatan yang baik terhadap baju kita, sehingga kita dapat mengurangi limbah tekstil yang berakhir di tempat pembuangan dengan cepat.

Baca artikel Koranindonesia.id lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim koranindonesia.id hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait