Banner Pemprov 2020
kopri

Cara Memanfaatkan Biji Ketumbar

JAKARTA, koranindonesia.id – Tahukah Anda, ketumbar yang selama ini dikenal sebagai bumbu masak, ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

Ini karena ketumbar memiliki nutrisi penting seperti potasium, zat besi, vitamin A, C dan K, asam folat, magnesium, dan kalsium, yang semuanya diketahui dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ketumbar mengacu pada tanaman Coriandrum sativum berasal dari Eropa Selatan, Afrika Utara dan Asia Barat.. Bentuknya kecil dan bulat. Ketumbar adalah tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga peterseli (daun ketumbar dan peterseli memiliki bentuk dan ukuran komparatif).

Manfaat dari tumbuhan ini sudah banyak dirasakan di berbagai negara. Ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).

Tak hanya itu, biji ketumbar juga dapat mengatasi masalah penglihatan mata, mencegah radang sendi dan rematik. Selain itu juga membantu mencegah sakit perut, menyembuhkan masalah kulit, mencegah dan menyembuhkan anemia, mengobati cacar.

Cara memanfaatkan biji ketumbar adalah dengan merendamnya dalam segelas air. Cukup dengan merendam 10 gram ketumbar saja dalam segelas air dan membiarkannya selama semalam. Lalu, keesokan paginya, saring dan minum dalam keadaan perut masih kosong.

Berikut penyakit yang bisa diatasi dengan rendaman biji ketumbar:

1. Pencernaan

Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang mempromosikan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus. Biji ketumbar membantu dalam produksi enzim pencernaan. Jika menderita gangguan pencernaan dan perut kembung, masukkan biji ketumbar dalam makanan.

2. Mengatur tekanan darah.

Biji ketumbar dapat mengatur tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Bila dikonsumsi rutin, dapat meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin, yang merupakan neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan pusat, dan meredakan ketegangan pembuluh darah.

3. Mengobati diabetes

Biji ketumbar terkenal untuk menjaga kadar glukosa darah. Hal ini karena biji ketumbar memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin. Menurut Macrobiotic Health Coach and Nutritionist Shilpa Arora, biji ketumbar yang direndam dalam segelas air dapat membantu resistensi insulin, mengendalikan diabetes lebih lanjut.

4. Radang sendi dan rematik

Biji ketumbar punya senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat antiarititik dan antirematiknya, sehingga dapat mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi.

5. Obat Untuk Pilek Dan Flu

Menu yang memiliki kandungan biji meningkatkan produksi kolagen yang sehat dan menjaga elastisitas kulit. Lalu juga akan menyembuhkan flu. Vitamin C dalam ketumbar adalah antioksidan kuat yang sangat penting untuk tubuh. Ketumbar memiliki banyak vitamin esensial seperti asam folat, vitamin A, dan beta-karoten, dan yang paling penting, vitamin C.

6. Menjaga kesehatan kulit

Ketumbar juga dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit. Antibakteri dalam ketumbar mampu untuk mengatasi jerawat. Selain itu, ketumbar juga dipercaya dapat mengatasi kulit berminyak, meremajakan kulit, hingga mencerahkan kulit. Ketumbar juga tentunya dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan infeksi.

7. Kesehatan mata.

Ketumbar sarat dengan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Semua kandungan tersebut mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi makula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata. Ada juga beta-karoten di daun ketumbar, yang mencegah sejumlah penyakit lain yang mempengaruhi mata dan meningkatkan kembali penglihatan pada pasien yang menua.

(MT) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.