Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Cara Jitu Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

JAKARTA,koranindonesia.id-–Salah satu binatang liar yang cukup menjengkel dan jadi musuh Bersama adalah tikus, karena hewan mengerat ini selain kotor , hewan ini juga merusak barang di rumah membuat kerugian tidak sedikit, dan satu hal lagi tikus ini pembawa penyakit. Namun mengusir tikus.

Berikut tips dan trik yang bias dilakukan dengan cara yang lebih alami agar tikus tidak lagi mendekat dilingkungan kita. Berikut yang bisa Anda lakukan:

1.Lada bubuk

Cara mengusir tikus dengan lada bubuk adalah dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi. Senyawa piperin yang ada pada lada sangat menyengat akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi.

2. Irisan bawang

Bawang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang dianggap tikus sangat menjijikkan. Tikus tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

3. Minyak peppermint

Minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusir tikus karena tidak tahan bau yang menyengat. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint adalah mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah rawan tikus. Kamu juga juga bisa menggunakan serai atau minyak jarak.

4. Memanfaatkan kulit telur

Selain menggunakan racun tikus, cara mengusir tikur di rumah adalah dengan menggunakan kulit telur. Caranya haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

5. Kulit Durian

Jika kulit durian hanya bisa dianggap sebagai limbah sisaan setelah memakan dagingnya, kamu salah besar, Toppers! Kulit durian ternyata memiliki manfaat sebagai salah satu cara mengusir tikus dari rumah. Kamu hanya perlu meletakkan kulit durian di daerah yang dilewati tikus karena tikus sangat membenci aroma menyengat dari durian.

6. Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu mengusir tikus dari rumah secara ampuh. Kamu hanya perlu menyebar daun salam ke area yang sering disinggahi oleh tikus. Ketika tikus memakannya, bahkan daun salam tersebut bisa menyebabkan kematian untuk tikus. Lakukan cara ini sampai semua tikus berhasil pergi, ya!

7.Daun Sirsak

Daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu cara ampuh mengusir tikus sebab di dalam daun sirsak terdapat zat perangsang yang mengeluarkan bau, dan bau ini akan dihindari tikus.

Kamu perlu menghancurkan sobekan daun sirsak menjadi potongan-potongan kecil sebelum menaruhnya di area ruangan yang sering dilalui tikus.

8. Kantung Teh Bekas

Teh Oolong memiliki banyak manfaat bagi kesehatanmu. Dapatkan teh dengan cita rasa yang unik ini hanya di Tokopedia!

Salah satu cara mengusir tikus dari rumah dengan ampuh adalah dengan menaruh kantung teh bekas ke sudut yang sering dilewati tikus. Namun, harus diingat, hanya kantung teh bekas lembap yang akan bekerja secara efektif untuk mengusir tikus. Kandungan peppermint di dalam kantung teh akan membuat penciuman tikus sangat terganggu.

9. Bubuk Kopi

Kopi Robusta berkualitas terbaik dan aroma harum dengan harga termurah di sini! Selain menjadi teman sarapan di pagi hari, ternyata kopi bubuk bisa digunakan sebagai cara ampuh mengusir tikus. Kopi akan menyamarkan indera penciuman tikus karena bubuk kopi memiliki bau yang sangat tajam sehingga tikus akan menghindari daerah yang terdapat bubuk kopi. Namun, pastikan bahwa bubuk kopi yang kamu taburkan adalah bubuk kopi hitam ya.

10. Baking Soda

Cara ampuh mengusir tikus satu ini perlu kamu pahami, nih! Baking soda ternyata mempunyai kelebihan lain untuk membuat tikus pergi bahkan mati. Kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai tikus. Setelah campuran baking soda ini bereaksi di dalam perut tikus, tikus tak akan bisa mengeluarkan gas di dalam tubuhnya. Tikus akan pergi dalam waktu singkat ke ruang terbuka, sebelum akhirnya mati karena menahan gas tersebut.

11. Steel Wool

Ketika tikus sedang berusaha menjelajahi dinding rumah kamu, coba gunakan steel wool sebagai salah satu cara ampuh mengusir tikus. Steel wool adalah besi yang berupa lilitan dan biasa digunakan untuk alat pencuci piring pengganti spon. Material ini juga akan bekerja untuk menghambat perjalanan tikus di dinding rumah kamu.

12. Cengkeh

Meski cengkeh menyimpan bau yang harum dan bisa menenangkan tubuh, aroma yang dikeluarkan cengkeh tetap tak disukai oleh tikus. Cengkeh yang dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus harus berupa cengkeh yang sudah kering, ya! Atau, kamu juga bisa menggunakan cengkeh yang dilapisi dengan bungkusan kain kasa untuk mengusir tikus.

13.Cuka

Cuka putih yang biasa menjadi teman makan bakso kamu kini punya manfaat lain sebagai salah satu cara mengusir tikus, loh! Jika kamu tertarik untuk mengusir tikus dari rumah dengan cara ini, kamu perlu bola kapas untuk dilumuri cuka.

14.Kamper

Tahu bola-bola kecil kamper yang berada di rumah kita? Nah, ternyata kamper bisa digunakan untuk mengusir tikus secara alami, loh! Salah satu cara mengusir tikus dari rumah dengan menggunakan kamper bisa dilakukan dengan menyebar beberapa butir kamper di sudut rumah yang sering dilalui oleh tikus. Sebisa mungkin, hindari penempatan kamper di dekat makanan, ya!

Selamat Mencoba

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.