Banner sumsel

Cara Hemat Membangun Rumah Idaman

PALEMBANG, koranindoensia.id – Ingin membangun sebuah rumah idaman salah satu impian semua orang dan apalagi untuk para pasangan yang baru menikah. Tetapi untuk membangun sebuah rumah memang tak murah, apalagi pada zaman sekarang. Kalau anda tau strateginya, anda bisa menghemat banyak rupiah. Berikut ini, ada beberapa cara hemat membangun rumah yang dilansir dari laman homify.co.id
Tentukan gaya fasad rumah Anda
Inilah hal pertama yang harus Anda lakukan. Anda perlu menentukan gaya rumah yang diinginkan, karena inilah yang akan menentukan berbagai elemen seperti material, ukuran, dan sentuhan akhir yang digunakan. Jika Anda gagal dalam membuat rencana, artinya Anda berencana untuk gagal, begitulah kata para bijak. Jadi, buatlah sebuah desain konkrit dan jangan tergoda untuk berubah pikiran saat proses pembangunan telah dimulai.
Lakukan pengukuran akurat
Tentu saja pengukuran akurat itu penting, terlebih lagi untuk elemen tertentu. Jendela dan pintu harus kedap udara dan rapi, jangan sampai berongga. Mintalah bantuan ahli dalam hal pemasangan pintu dan jendela untuk melakukannya.
Membagi area sesuai ketinggian lahan
Jangan membangun apapun di lahan, kecuali lahan telah dibagi menjadi beberapa bagian dengan bantuan tangga, akses jalan atau tanggul. Hal ini berlaku khususnya pada lahan dengan permukaan yang naik turun atau tidak rata. Jika nekat membangun rumah di lahan miring tanpa jalan setapak atau anak tangga, pekerjaan akan jadi lebih sulit dan memakan waktu lebih lama serta lebih banyak biaya.
Pilih material lantai yang tahan lama
Setelah struktur rumah baru telah berdiri, inilah saatnya Anda memikirkan tentang interior dan mulai mengencangkan ikat pinggang. Pikirkan sebuah elemen vital untuk mulai menata interior dan fokuslah pada hal itu. Misalnya, flooring atau pemasangan lantai. Anda ingin lantau yang tahan lama, murah, tapi cantik. Terdengar terlalu idealis? Siapa tahu material lantai yang seperti itu benar-benar ada. Coba lakukan survei di toko-toko bangunan.
Putuskan finishing dinding interior
Dinding interior akan selalu membutuhkan perhatian. Namun sentuhan akhir dinding interior bisa berdampak besar pada bujet dan durasi pembangunan. Dinding beton yang dihaluskan adalah finishing dinding populer dan menghasilkan tampilan setengah jadi mirip gaya industrial. Plaster dinding juga salah satu cara untuk menghemat biaya.
Bathtub atau shower?
Anda mungkin tidak menyangka kalau kamar mandi adalah area di rumah yang dapat menyerap anggaran pembangunan. Furnitur kamar mandi mewah, lapisan anti air, keran-keran otomatis, kloset berteknologi tinggi… semua ini tidak murah. Putuskan mana yang akan Anda gunakan, bathtub atau shower? Memilih salah satu dan tidak keduanya akan menghemat bujet Anda.
Manfaatkan ruang sempit
Meski Anda telah berencana membangun rumah dengan detil tingkat tinggi, selalu ada sedikit ruang kosong di sana-sini. Jangan sia-siakan ruang semacam ini. Gunakan ruang semacam ini untuk menunjang kehidupan sehari-hari, misalnya mengubahnya menjadi tempat penyimpanan. Cara ini juga memungkinkan Anda menghemat pemakaian ruang.
Pilih palet warna harmonis
Pasti Anda tak ingin rumah cantik jadi kacau balau gara-gara pemilihan warna interior yang tidak tepat. Kesalahan memilih warna bisa memakan waktu dan biaya untuk memperbaikinya. Bila Anda ragu, pilih saja warna-warna netral dan padukan dengan asesoris dan furnitur berwarna terang.
Jangan kurangi anggaran dapur
Membeli barang murah tidak menjamin kualitasnya akan tahan lama. Meskipun Anda sedang berhemat, jangan ragu menghabiskan bujet untuk membeli perabotan berkualitas. Khususnya perabotan dapur. Jika Anda telah berkeluarga, dapur akan digunakan setiap hari. Ada risiko terpapar api, terpercik air dan minyak, kotoran berceceran yang membutuhkan furnitur berkekuatan tinggi.  Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.