Banner sumsel

Cara-cara Merawat Laptop Agar Awet

PALEMBANG, koranindonesia.id – Di zaman sekarang, siapa yang tidak butuh laptop apalagi yang bekerja di kantor. Laptop harus dirawat dengan baik agar tetap memiliki performa yang prima tetapi sering sekalian orang mengeluhkan mengapa laptop mereka cepat rusak, sebab mereka tidak tahu cara merawat laptop mereka dengan benar. Berikut ini cara merawat laptop kesayangan anda agar tetap awet dan berumur lebih lama yang dilansir dari laman carisinyal.com:
Pertama gunakan laptop anda secara hati-hati, karena laptop merupakan perangkat yang sangat rapuh sehingga komponennya akan mudah rusak jika terjatuh, terbentur, dan lainnya. Beberapa komponen memang dapat diganti, namun jika yang mengalami kerusakan itu hard disk maka secara otomatis data yang anda miliki juga akan hilang dan tentunya tidak bisa diganti. Komponen lainnya yang cukup ringkih adalah monitor. Jika monitor laptop mengalami kerusakan, maka tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau menggantinya. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah ketika menggunakan laptop atau membawanya pergi agar tidak terjatuh, terbentur, atau bahkan tersiram cairan.
Kedua bersihkan laptop secara teratur, selanjutnya dengan cara membersihkan komponennya secara berkala. Komponen yang wajib untuk selalu dibersihkan adalah fan atau kipas karena komponen tersebut merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Jika debu tersebut sudah terlalu banyak, biasanya kipas tidak akan berfungsi dengan baik sehingga laptop Anda cepat panas dan sering mati secara tiba-tiba. Membersihkan fan laptop memang cukup sulit karena Anda harus membongkarnya. Oleh karena itu, mintalah orang yang sudah ahli atau membawanya ke tempat servis untuk membersihkan kipas tersebut. Selain kipas, komponen lainnya seperti keyboard, monitor, dan lainnya juga harus dibersihkan secara teratur agar tidak cepat rusak.
Ketiga pilihlah sistem operasi yang cocok,  banyak orang mengganti laptop karena laptop yang mereka miliki bekerja dengan sangat lambat. Selain disebabkan oleh faktor usia hardware, hal tersebut biasanya juga terjadi karena pengguna memasang sistem operasi yang tidak cocok pada laptopnya. Sebagai contoh, laptop tua dengan RAM sebesar 512 MB tentu tidak akan cocok untuk menjalankan Windows 7 ataupun Windows 8. Oleh karena itu, jika laptop Anda memiliki spesifikasi pas-pasan, pilihlah Windows XP yang lebih ringan daripada Windows terbaru. Jika khawatir dengan keamanan Windows XP, gunakanlah distro Linux yang mirip Windows XP.
Keempat Lakukan update software dan sistem operasi, cara berikutnya adalah dengan memperbaharui aplikasi dan sistem operasi yang anda gunakan. Walaupun tidak ada aplikasi dan sistem operasi yang sempurna, namun dengan melakukan update maka anda bisa meminimalisir berbagai masalah performa serta keamanan yang dapat membahayakan laptop Anda. Pada dasarnya, update software bertujuan untuk menyempurnakan fungsi yang telah ada, seperti menghilangkan bugs yang bisa merusak sistem laptop. Dengan update berkala maka laptop pun bisa berfungsi dengan baik. Apabila memang laptop sudah benar-benar tak optimal kinerjanya, hingga menganggu aktivitas, maka bisa meminta bantuan ke layanan resmi merk.
Kelima Upgrade hardware laptop, bagi kebanyakan orang mengganti komponen perangkat keras (hardware) merupakan hal yang mustahil. Namun hal tersebut sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah karena sudah banyak komponen laptop yang dijual bebas di pasaran saat ini. Anda dapat dengan mudah mengganti RAM, hard disk, atau bahkan monitor laptop yang mengalami kerusakan. Jika Anda mengetahui komponen mana yang sudah kurang baik performanya, maka Anda dapat dengan mudah mengganti komponen tersebut tanpa harus menjual laptop kesayangan Anda. Hal ini juga secara otomatis akan menambah masa pakainya menjadi lebih lama lagi.
Nah, itulah 5 cara merawat laptop agar tidak cepat rusak yang bisa kami berikan untuk kalian. Semoga bermanfaat ya. (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.