Banner sumsel

Capil Palembang Utamakan Cetak e-KTP Pemilih Pemula

PALEMBANG, koranindonesia.Id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang akan memprioritaskan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pemilih pemula pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Capil memastikan ketersediaan blangko KTP mencukupi.

Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Edwin Effendi mengatakan, hal tersebut sesuai ketentuan pemerintah pusat yang menargetkan penyelesaian pencetakan e-KTP untuk pemilih pemula hingga 31 Desember mendatang. “Kita prioritaskan pencetakan bagi pemilih pemula ini agar nantinya tidak ada lagi yang menggunakan Suket (Surat Keterangan,” katanya, Selasa (23/10/2018).

Edwin mengatakan, dari jumlah mata pilih di Palembang sebanyak 1,1 juta, diantaranya 6 persen merupakan pemilih pemula. Artinya, ada sekitar 6.200 pemilih pemula yang akan diutamakan. “3 persen diantaranya sudah melakukan perekaman dan mulai pencetakan,” ujarnya.

Untuk merampungkan perekaman seluruh pemilih pemula ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dengan melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah. “Kita datang ke sekolah untuk melakukan perekaman anak SMA usia 17 tahun ke atas. Selain itu juga setiap hari Minggu saat kegiatan gotong royong, kita bawa alat rekam untuk masyarakat yang belum perekaman,” jelasnya.

Menurutnya, karena akhir Desember harus tuntas, maka pihaknya memastikan ketersediaan blangko KTP. Jika pun stok sudah mulai tipis, pihaknya akan jemput bola ke Dirjen Dukcapil. “Blangko tidak pernah putus, selalu ada, secara bertahap kita cetak sampai akhir tahun, kita upayakan tidak ada kekosongan,” terangnya. (Iya)

4 Komen
  1. Okta sari berkata

    Assalamualaikum pak suami saya ini mau bikin KTP tapi perlu surat pindah dulukan,, bikin surat pindah itu mencari no nik nggak ketemu sedangkan saya belum bikin KK gimana ya saya mau bikin KTP suami saya,, suami saya dari Bandung mau pindang kepalembang

    1. Redaksi Koranindonesia berkata

      Langsung ke dinas capil pusat palembang yang berada dijalan demang lebar daun

  2. Rustam Effendy berkata

    Mau bikin akte kelahiran tapi tidak memiliki surat nikah, bagaimana solusinya.

  3. Habibi berkata

    Mau naya bikin ktp el berapa lama ya pak saya tgl 2/3/2019 merekam ktp di kantor camat seberang ulu 1 tgl 8/4/2019 saya datang lagi ke kantor camat tersebut kataya belum jadi yg saya mau tanya berapa lama bikin ya,dan di kasi kepastin kapan selesai ya…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.