Banner sumsel

Camat Lahat Minta Kades Cepat Tanggap

LAHAT, koranindonesia.id – Kerap terjadinya perselisihan dan situasi tidak kondusif ditengah masyarakat desa dipicu banyak hal. Bahkan, tak jarang antara sesama warga bermusuhan oleh hal sepeleh misalnya lantaran pilihan Kepala Desa (Kades) yang berbeda.

Kondisi tersebut, harus cepat diselesaikan sehingga tidak menganggu ketertiban dan rencana pembangunan desa. Peran kepala desa sangat besar sebagai penengah.

Hal tersebut disampaikan Camat Lahat, Mardan Kamal saat melantik Pj Kades Desa Manggul,  Kecamatan Lahat, Selasa (30/10/2018).

Menurut Mardan,  kehadiran Kades harus mampu menentramkan warga desa dari segala potensi konflik.  Apalagi,  saat ini informasi yang seringkali merupakan berita bohong (hoaks) begitu mudah diserap masyarakat.

“Jangan sampai keberadaan Kades itu malah memecah belah warga.  Apalagi,  hubungan warga desa itu sangat erat. Jika ada masalah cepat diselesaikan.  Jika ada isu yang bisa berdampak merusak ketertiban cepat diluruskan,” kata Mardan.

Disisi lain menurutnya, peran Kades juga berupaya maksimal dalam menyerap aspirasi dan melaksanakan pembangunan di desa, sejalan dengan hasil musyawarah.  Apalagi saat ini dengan adanya program Dana Desa, Kades harus mampu mengola dan merealisasikanya sesuai kebutuhan desa.

Sementara, Pj Kades Manggul  Yuken, yang baru saja dilantik mengaku siap, mengemban amanah yang diberikan kepadanya.  Terhadap apa yang akan dilakukan,  Yuken berjanji, akan melaksnakan program Kades sebelumnya.

Sebagai langkah awal,  dirinya juga akan berkonsolidasi baik itu dengan perangkat desa maupun warganya.  Terkait adanya pro dan kontra atas penunjukkan dirinya,  Yuken menuturkan, itu hal biasa dan itu akan semakin memotivasi dirinya untuk bekerja lebih baik sesuai komitmen.

“Ya memang sempat ditunda beberapa kali pelantikan.  Tapi itu karena masalah waktu saja, dan sudah selesai. Intinya setelah dilantik ini akan langsung kerja. Dan untuk kondisi warga desa sendiri, saat ini kondusif,” pungkasnya. (sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.