Bus Kota Boleh Perpanjang Izin, Ini Syaratnya

PALEMBANG, koranindonesia.Id-Setelah sempat distop operasionalnya, Dinas Perhubungan Kota Palembang memberikan syarat bagi bus kota yang ingin kembali beroperasi, yakni harus setara dengan bus Trans Musi.

Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian dan Operasional Dishub Palembang, Marta Edison mengatakan, dengan habisnya izin trayek bus kota, maka untuk angkutan perkotaan yang masih diperbolehkan tinggal bus Trans Musi dan oplet/angkot.

“Sesuai dengan masa izinnya 10 tahun dan berdasarkan uji kelayakan tidak lulus, makanya tidak diperpanjang lagi,” katanya, Rabu (20/2/2019).

Menurutnya, Dishub akan memberikan izin kepada pemilik bus jika ingin kembali operasi. Dengan syarat harus tergabung dengan badan usaha dan bukan perorangan seperti misalnya bergabung dengan Trans Musi atau badan usaha lainnya.

“Asalkan busnya setara dengan bus pariwisata ataupun Trans Musi, fasilitas AC, bus bagus dan layak operasional,” katanya.

Marta mengatakan, sejauh ini berdasarkan laporan warga, memang masih sesekali didapati bus kota yang masuk ke jalan kota, tapi tidak setiap hari. Polanya main kucing-kucingan dengan petugas. “Sudah tidak boleh lagi, walaupun ada tapi tidak ketahuan petugas dan tidak tiap hari,” ujarnya.

Sementara itu, bagi bus kota yang habis masa trayek tapi masih ingin aktif, maka pihaknya dapat memperpanjang izin beroperasi, tapi tidak di trayek jalan kota. “Kami terbitkan izinnya jika pemilik bus minta, tapi bukan di trayek perkotaan, tapi di trayek lain, seperti antar kota atau trayek pinggiran,” jelasnya. (Iya)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.