Banner sumsel

Bupati Muba Akan Lantik Kades Terpilih Bulan Desember 2018

 

MUBA,koranindonesia.id— Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muba,  Richard Cahyadi AP Msi mengatakan sebanyak 23 Desa dari 10 Kecamatan di bumi Serasan Sekate sudah melaksanakan tahapan pilkkades. Kades terpilih akan dilantikan bulan Desember langsung oleh Bupati  Dodi Reza Alex.

“Alhamdulillah Seluruh tahapan pilkades serentak dapat berjalan lancar, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders terkait yang telah membantu  dalam pelaksanan Pilkades Serentak yang dilaksanakan kemaren  sehingga dapat berjalan tertib aman dan lancar sesuai dengan tahapanya,”kata Richard.

Berdasarkan hasil Pilkades Serentak yang baru selesai dilaksanakan, pihaknya telah mengantongi 23 Nama Kepala Desa yang terpilih dari Hasil Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun ini dan pelaksaan selanjutnya tentunya akan  direncanakan  pelantikan Kades terpilih dimaksud iakan digelar bulan Desember 2018,” ungkapnya, Minggu (11/11/2018).

Dijelaskan Richard tahapan yang dilakukan usai pemilihan tersebut yakni penetapan Kades terpilih dan akan dilakukan mengacu kepada Permendagri Nomor 65 Tahun 2017, tentang Pemilihan Kepala Desa, sesuai kententuan Pasal 47d  angka (8) bahwa Tahapan pelaporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c meliputi: Pelaporan hasil pemilihan kepala Desa melalui musyawarah Desa kepada BPD dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari setelah musyawarah Desa mengesahkan calon kepala Desa terpilih; dilanjutkan dengan pelaporan calon kepala Desa terpilih hasil musyawarah Desa oleh ketua BPD kepada bupati dan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah menerima laporan dari panitia pemilihan;

Ditambahkannya, tahapan penerbitan keputusan bupati tentang pengesahan pengangkatan calon kepala Desa terpilih paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya laporan dari BPD; dan dikanjutkan dengan tahapan penjadwalan pelantikan kepala Desa oleh bupati paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak diterbitkan keputusan pengesahan pengangkatan calon kepala Desa terpilih dengan urutan acara pelantikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“ Kades terpilih yang akan dilantik rencananya dibulan Desember 2018, dan akan dilantik langsung oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin,”katanya.

Dari  23 kades yang telah terpilih yang akan dilantik dibulan  desember tahun 2018, sebanyak 21 Kepala Desa sedangkan 2 dua (kades) terpilih lainnya yakni Kecamatan Lalan yakni Desa Galih Sari dan Desa Madya Mulia akan dilakukan pelantikan pada Februari 2019 mendatang.

“Mengingat 2 (Dua) Kades di Lalan tersebut masa jabatannya baru habis diawal tahun  2019 nanti, jadi khusus dua Desa tersebut pelantikannya akan dilakukan Februari,” terangnya. (ard/ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.