Bupati Empat Lawang Launching PTSL

EMPATLAWANG,koranindonesia.Id – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melaunching dan mensosialisasikan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Pertanahan Kabupaten Empat Lawang, kemarin.

Dalam sambutannya, Joncik mengatakan pemerintah melalui instruksi Presiden Republik Indonesia (RI) No 2 Tahun 2018 tentang percepatan pelaksanaan PTSL. Tahun 2007 kemudian diterbitkan dengan Permen Agraria atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) nomor 6 tahun 2018 tentang PTSL yang menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan problematika bangsa dari sektor kepemilikan hak atas tanah bagi seluruh warga negara dan tidak terkecuali bagi setiap badan, lembaga dan organisasi-organisasi yang ada dalam Indonesia.
“PTSL adalah kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah di seluruh wilayah RI. Yang dalam kegiatannya meliputi pengumpulan data fisik dan data yuridis mengenai satu atau beberapa objek pendaftaran tanah untuk keperluan pendaftarannya,” kata Joncik yang pernah menjabat Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sumsel ini.
Adapun maksud tujuan dari PTSL ini, sambung Joncik adalah kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat berlandaskan asas sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran kesejahteraan masyarakat dan ekonomi negara serta mengurangi dan mencegah konflik pertanahan.
“Jadi, penjelasan diatas selaras dengan program-program Pemkab Empat Lawang yang tertuang dalam visi misi. Mewujudkan masyarakat Kabupaten Empat Lawang yang MADANI melalui peningkatan perekonomian dan kualitas sumber daya manusia,” jelasnya.
Dilanjutkan orang nomor satu di Kabupaten Empat Lawang ini perwujudan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat merupakan tujuan dan tugas pemerintah daerah. Oleh karena itu Pemkab Empat Lawang sangat mendukung program percepatan PTSL.
Dengan adanya program ini, masih dikatakan Joncik, diharapkan sangat membantu pemerintah daerah dalam mencapai maksud dan tujuan yang tertuang dalam visi misi  pasangan Joncik.
“Ya, visi misi kami yakni mewujudkan masyarakat Empat Lawang yang MADANI yakni Makmur, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis dan Aman,” ungkap Joncik.
Diakui Joncik, kegiatan ini merupakan acara penting. Karena ini adalah tonggak awal pada pembenahan dan perbaikan dalam rangka pengentasan masalah pertanahan terutama di wilayah Kabupaten Empat Lawang.
Tentunya kepastian hukum akan hak atas tanah berupa sertifikat tanah bagi warga akan sangat bermanfaat dan membantu warga.
“Sertifikat dapat digunakan untuk berbagai hal, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga dan pada akhirnya adalah untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Empat Lawang.
Ditambahkan Joncik, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada kantor Pertanahan Kabupaten Empat Lawang atas acara kegiatan launching PTSL, semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat khusunya masyarakat kabupaten Empatmpat Lawang.
Launching dan sosialisasi PTSL turut hadir,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang. (anl)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.