Banner sumsel

Buntut Viralnya Video Dugaan Pungli, Dua Anggota Lantas Polresta Palembang Diperiksa Propam

PALEMBANG, koranindonesia. Id – Tiga anggota Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Palembang diperiksa oleh Propam Polda Sumsel, terkait beredarnya video di sosial media (sosmed) yang mempertontonkan tiga polisi yang diduga melakukan pungli.

“Dari tiga anggota yang dipanggil, satu tidak terlibat dan duanya masih menjalani pemeriksaan Propam Polresta Palembang dan Propam Polda Sumsel. Keduanya berinisial ST dan TD,” ujar Kasat Lantas Polresta Palembang Kompol Ando Baso Rahman.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/4/2018) siang, Kasat menjelaskan, kedua anggotanya itu disangkakan melanggar peraturan khususnya disiplin. “Kalau terbukti salah, akan dikenakan sanksi disiplin dan terancam dipindahkan,” tuturnya.

Ia mengatakan, cara-cara lawas itu tidak boleh dilakukan anggota Polri. Pihaknya berkomitmen, akan menindak lanjuti untuk diberi hukuman. “Kami sampaikan kepada masyarakat, mengacu pada peraturan bahwa pemberi dan penerima suap sama-sama dilakukan pidana,”jelasnya.

Dalam kasus ini, lanjut Andi, pihaknya akan memeriksa korban yang disangkakan memberi suap kepada anggotanya, “Kami juga akan melakukan langkah-langkah hukum, karena anggota kami ditindak hukum atas perbuatannya. Kami juga akan melakukan tindakan hukum bagi masyarakat yang melakukan suap kepada anggota,”  ujarnya.

Ia mengungkapkan, hasil pemeriksaan anggotanya, memany dari masyarakat yang minta untuk tilang, karena yang bersangkutan melanggar. “Karena ada semacam transaksi, untuk bebas dari pelanggaran. Anggota tidak melakukannya, kalau tidak ditawari,” ujarnya.

Ketika ditanya awak media, apakah penggungah video juga dipanggil oleh kepolisian, Andi menngugngkapkan pihaknya telah memanggilnya. “Kami berterima kasih kepada pengunggah video, tapi cara yang disampaikan salah. Kami ada pimpinan seharusnya disampaikan, karena kami menindaklanjuti anggota pungli dan calo,” ujarnya.

Andi menambahkan,  penggungah video ini pernah mengalami kekecewaan kepada petugas, “Jadi pernah mengalami kekecewaan entah apakah dia sendiri atau yang lain,” pungkasnya. (win).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.