Banner Pemprov 2020
3M Muba

Bukan ‘Special One’ Lagi, Mourinho Sekarang Minta Diberi Julukan Baru Ini

JAKARTA, koranindonesia.id – Jose Mourinho menyematkan frasa The Experienced One sebagai julukan baru untuk dirinya sendiri. Julukan tersebut dimaksud sebagai cerminan pengalaman yang dimilikinya.

Pelatih asal Portugal tersebut sebelumnya dikenal dengan julukan The Special One setelah jumpa pers pertamanya saat ditunjuk melatih Chelsea 2004 lalu. Ketika itu Mourinho datang ke London setelah mengantar Porto juara Liga Champions.
“’Yang Berpengalaman’. Saya sangat berpengalaman. Pada dasarnya semua yang terjadi pada saya di sepakbola sekarang adalah deja vu, adalah sesuatu yang pernah terjadi pada saya sebelumnya,” ujar Mourinho, sebagaimana dikutip dari Reuters.
Dalam kariernya sebagai pelatih, Mourinho telah memberi gelar penting bagi beberapa klub. Selain menjuarai Liga Champions dengan Porto, dia juga berhasil meraih gelar yang sama bersama Inter Milan.

Setelah menukangi Inter dan meraih treble winner pada musim 2009-2010, Mourinho menerima tawaran dari Real Madrid. Bersama raksasa Spanyol tersebut dia sukses membawa gelar La Liga di musim 2011/2012 sekaligus mematahkan dominasi Barcelona ketika itu.
“Ada pekerjaan yang membutuhkan kondisi kebugaran khusus seperti pemain sepak bola. Seorang 40 tahun tidak memiliki potensi yang sama seperti 20 atau 30 tahun, kecuali Anda adalah Zlatan Ibrahimovic,” ujar Mourinho.

“Melatih Anda hanya membutuhkan otak Anda, akumulasi pengalaman dan pengetahuan hanya dapat membuat Anda lebih baik.”
Setelah meninggalkan Madrid, Mourinho kembali ke pelukan Chelsea. Meski demikian, pelatih 57 tahun itu cuma bertahan dua tahun di perode keduanya menukangi tim berjuluk The Blues itu.

Setelah dari Chelsea, Mourinho mendapat tawaran dari Manchester United pada tahun 2016 lalu. Dia dua tahun menukang tim berjuluk Setan Merah itu sebelum melanjutkan kariernya ke Tottenham Hotspur 2019 lalu.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.