Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Bukan Bersaing. Hadapi Covid-19, Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Berkolaborasi

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Anggota DPR RI Sukamta menegaskan, kejelasan strategi, ketegasan kebijakan dan konsistensi menjadi kunci kesuksesan penanganan pandemi dan resesi ekonomi akibat COVID-19.
Namun demikian, lanjut Sukamta, Pemerintah seperti tidak memiliki konsep yang jelas dan sejak awal penanganan COVID-19 yang dilakukan tidak jelas.

“Pemerintahan Presiden Jokowi ini tidak memiliki kejelasan strategi dalam menghadapi pandemi COVID-19 akibatnya masyarakat kebingungan terutama dalam penerapan protokol kesehatan. Pemerintah merupakan contoh rakyat namun di beragam momen, pejabat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah seringkali melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap proktokol kesehatan. Akibatnya masyarakat pun abai,” tandas Politikus PKS itu kepada wartawan, Selasa (24/11/2020).

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini, berharap kepada pemerintah, aparat keamanan, dan satgas COVID-19 untuk lebih banyak kolaborasi dengan ulama dan tokoh masyarakat dalam menghadapi pandemi dan resesi.

“Kolaborasi dengan ulama dan tokoh masyarakat menjadi kunci kesuksesan penanganan COVID-19. Bukan malah mengkriminalisasi ulama dan tokoh masyarakat yang dianggap oposisi pemerintah. Namun pada sisi lain, ketika tokoh yang dianggap bagian dari pemerintah melanggar protokotol kesehatan dibiarkan saja. Aparat keamanan, satgas COVID-19 harus berlaku tegas, adil dan konsisten,” papar legislator asal dapil DI Yogyakarta.

Sukamta mengingatkan bahwa angka positif COVID-19 terus meningkat setiap hari “Dan belum ada tanda-tanda penurunan sehingga semua elemen bangsa harus bersatu berjuang bersama melawan COVID-19.”.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.