BANNER Dukung 5m
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Buah Nanas yang Banyak Manfaatnya

JAKARTA,koranindonesia.id—Bagi kalian pencinta buah maka buah nanas seperti harus masuk dalam keranjang Anda karena buah ini sangat banyak manfaatnya bagi Kesehatan kita. Buah nanas menawarkan kekayaan nutrisi namun disisi lain buah yang dikosumsi berlebihan akan mengakibat hal lain. Dalam artikel ini kita membahas sejumlah manfaat buah nanas yang dirangkum sejumlah situs Kesehatan:

1.Penangkal penyakit

Melansir Health Line, buah nanas tak hanya kaya akan nutrisi, tapi juga kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya. Buah nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik.

Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas terikat. Ini memungkinkan antioksidan untuk bertahan dalam kondisi yang lebih keras di dalam tubuh dan menghasilkan efek yang lebih tahan lama.

2. Membantu proses pencernaan

Buah nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida kecil. Setelah molekul protein dipecah, zat ini lebih mudah diserap di usus kecil.

Manfaat buah nanas dapat sangat membantu bagi orang-orang dengan kekurangan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup. Bromelain dalam nanas juga dapat digunakan sebagai pelunak daging karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras.

4. Mengurangi risiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangan kanker umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena nanas dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Salah satu dari senyawa yang bermanfaat untuk mencegah kanker ini adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Bromelain dilaporkan dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan menstimulasi kematian sel.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Buah nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Sebuah studi selama sembilan minggu terhadap 98 anak-anak yang dibagi menjadi tiga kelompok, yakni tidak diberi nanas, diberi nanas dengan jumlah sedang (140 g), dan banyak (280 g) mengungkap bahwa ada perbedaan status kekebalan tubuh pada mereka setelah.

Setelah diteliti, anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah.

6. Mengobati Inflamasi

Buah nanas memiliki keistimewaan dari enzim di dalamnya yang bernama bromelain. Kandungan tersebut banyak diteliti dan disimpulkan sebagai agen anti-inflamasi alami. Enzim ini disebut-sebut efektif dalam melawan radang sendi. Bromelain juga punya ciri menyembuhkan yang dapat diperkuat dengan tambahan kunyit.

7. Obat Diuretik Alami

Buah nanas memiliki sifat diuretik alami. Dengan kata lain, buah tropis ini bisa memelihara kesehatan sekaligus membantu ginjal sebagai organ yang bekerja dalam mengeluarkan racun di tubuh. Selain itu, nanas juga dapat mengurangi tekanan darah dan menekan penumpukan plak di pembuluh arteri.

8. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Vitamin C, beta karoten, dan antioksidan di dalam jus buah nanas bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan sangat efektif dalam menangkal hipertensi. Masalah kesehatan ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya penyakit jantung.

9. Memulihkan Masalah Haid

Kandungan bromelain pada buah nanas menawarkan efek analgesik yang membantu perempuan dalam pemulihan kondisi tidak nyaman dan perih saat masa menstruasi. Oleh sebab itu, buah ini jadi santapan yang manjur untuk mengatasi beberapa permasalahan saat haid.

10. Memperkuat Tulang

Kandungan mangan pada buah nanas begitu besar, bahkan bisa memenuhi 73 persen jumlah mangan yang dibutuhkan tubuh per harinya. Mineral ini diperlukan tubuh untuk membantu perkembangan serta perlindungan tulang yang sehat dan kuat.

Mangan juga berguna bagi anak-anak. Sebab, ia terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa, mangan dipakai tubuh untuk mencegah kelainan pada tulang, seperti osteoporosis, dengan cara memperkuat tulang.

11. Memelihara Kesehatan Mulut

Sebagai salah satu buah dengan nutrisi vitamin C yang melimpah, buah nanas dapat memastikan kesehatan dan kekuatan gigi serta gusi. Vitamin C juga membantu menangkal terciptanya plak dan mengurangi risiko penyakit sekitar gigi dan radang gusi. Sebab, nutrisi tersebut dapat membatasi aktivitas bakteri di mulut.

Walaupun buah-buah itu alami, namun sebagian orang ada yang alergi terhadap buah,maka itu sebelum mengkosumsi tidak salah mengkonsultasikan ke dokter Anda . (ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.